Indah Ramadhanti

Pijar, Jakarta. Siapa yang tidak mengenali lagu lawas karya George Michael? Meskipun sudah tergerus oleh zaman, nyatanya lagu “Careless Whisper” ini masih tetap eksis didengarkan oleh banyak orang. Lagu yang dirilis tahun 1984 ini, merupakan single pertama dari George Michael yang terinspirasi dari pengalaman romantis George di masa muda. George menulis lagu ini bersama dengan bandmate-nya Andrew Ridgeley, saat usia mereka masih tujuh belas tahun. Lagu ini terinspirasi dari dua perempuan berbeda bernama Jane dan Helen.

Saat George berusia sekitar tiga belas tahun, ia menyukai perempuan berambut pirang bernama Jane. Mereka bertemu di ice rink, tempat kakak perempuan George biasa menghabiskan waktunya untuk bermain ice skating. George selalu menghabiskan waktunya untuk memperhatikan Jane dari kejauhan.

Ketika George berusia enam belas tahun, ia menjalin hubungan pertamanya dengan perempuan bernama Helen. Saat rasa sukanya kepada Jane sudah berkurang, ia mengetahui fakta bahwa Jane baru saja pindah rumah di dekat sekolah George. Beberapa tahun kemudian, George tumbuh dewasa dan tampil dengan penampilan yang berbeda. Lalu, ia bergabung dengan band sekolahnya sebagai vokalis dan Jane seketika menyukai George.

Sejak saat itu, ia mulai mengencani Jane dan Helen di waktu yang bersamaan. Ia juga mulai mengencani Alexis tanpa menyelesaikan hubungannya dengan Jane. Ketika Jane mengetahui hal tersebut, ia langsung memutuskan George saat itu juga. Namun pada kenyataannya, lagu “Careless Whisper” ini bukanlah tentang Jane, melainkan tentang Helen. “Careless Whisper” menceritakan ketika George dan Helen berdansa, karena mereka sering berdansa, namun Helen mengetahui bahwa ini akan berakhir.

I feel so unsure

(Aku merasa sangat tidak yakin)

As I take your hand and lead you to the dance floor

(Saat aku memegang tanganmu dan membawamu ke lantai dansa)

As the music dies, something in your eyes

(Ketika musik berhenti, sesuatu di matamu)

Calls to mind a silver screen and all its sad goodbyes

(Memanggil sebuah layar dan semua itu merupakan perpisahan yang menyedihkan)

Lagu ini juga menceritakan tentang seseorang yang berselingkuh dengan pasangannya yang mana George alami sendiri. Ia berselingkuh dengan Jane di saat ia masih berhubungan dengan Helen. Ia juga berselingkuh dengan Alexis ketika masih berhubungan dengan Jane.

I should have known better than to cheat a friend

(Aku seharusnya tahu lebih baik daripada menipu seorang teman)

And waste a chance that I’been given

(Dan membuang kesempatan yang telah diberikan)

So I’m never gonna dance again the way I danced with you

(Maka aku tidak akan berdansa lagi seperti aku berdansa denganmu)

Selain itu, lagu ini juga diiringi oleh permainan saxophone yang khas. Dan Forshaw, seorang musisi jazz, mengungkapkan ia harus menghubungi pemain saxophone untuk merekam ulang permainan lagu sax solonya untuk mendapatkan suara yang diinginkan. Pada saat itu, George baru saja tiba di studio ketika ia mendengar suara saxophone tersebut dan berkata “Itu dia. Itu dia sax solo yang saya inginkan”.

Single tersebut dirilis pada bulan Agustus 1984 dan melejit di UK, serta bertahan di nomor satu selama tiga minggu dan merupakan penjualan single terbaik kelima di tahun 1984. “Careless Whisper” juga menduduki posisi teratas di 25 negara, termasuk US pada bulan Februari 1985 di bawah kredit “Wham! Featuring George Michael”. Lagu tersebut juga dinobatkan sebagai lagu nomor satu di tahun 1985.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment