Suryani Agata Sitanggang

Pijar, Medan. Kanal YouTube yang digawangi oleh Andovi dan Jovial da Lopez, yaitu SkinnyIndonesia24 terdengar sedang dalam perjalanan menuju pamit pada tanggal 24 Juni 2021. Dalam perjalanan mereka sebagai content creator, tidak jarang video yang mereka buat masuk kategori trending dengan waktu yang tidak terlalu lama. Terbukti baru-baru ini, tepat pada tanggal 2 Mei 2021, SkinnyIndonesia24 menggemparkan sebagian besar rakyat Indonesia, melalui video musikalnya berdurasi kurang lebih 36 menit. Video yang berjudul DPR Musikal ini, menjadi urutan keempat menuju karya terakhir mereka yang rencananya akan pamit.

Tokoh utamanya, Mawar (Dwynna Win) yang merupakan seorang perempuan muda idealis yang baru saja terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Macan. Pemilihan nama Mawar merepresentasikan bentuk perlawanan. Mawar memiliki cita-cita untuk bisa memperbaiki Indonesia, terutama dari segi lingkungan hidup.

Tokoh lainnya dalam drama musikal ini, yakni Angel (Kezia Aletheia) yang merupakan anggota dewan yang berasal dari kalangan selebritis, Juki (Axel Christian) anggota dewan yang berangkat dari kalangan pengusaha, Januari (Andovi da Lopez) yang merupakan anggota dewan yang sudah berada di DPR lebih dari satu periode dan Nova (Jovial da Lopez) Ketua DPR yang telah putus asa karena adanya kebobrokan yang mengakar sejak lama hingga pada akhirnya menyerah dan mengikuti arus.

Drama musikal DPR menggambarkan secara kasar realita yang terjadi di Indonesia. Mawar sebagai anggota DPR yang baru, dengan pemikiran yang sangat idealis berusaha mempertahankan prinsipnya yaitu untuk mempedulikan seluruh rakyat Indonesia melalui RUU FAK (Flora, Agrikultur, dan Kehutanan).

Semangat membara dan jiwa idealisme yang kuat dari seorang Mawar, anggota baru DPR di video DPR Musikal.
Sumber Foto: YouTube skinnyindonesian24

Melansir dari Bisnis.com, Andovi mengungkapkan alasan video tersebut fokus memberikan ide usulan RUU FAK dalam keseluruhan cerita, yaitu karena regulasi tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak. “Kenapa FAK karena ini adalah masalah yang kena ke semua orang sehingga harus kami fokuskan. Lingkungan adalah permasalahan yang perlu diselesaikan dan solusinya harus dipikirkan bersama,” katanya.

Ada banyak oknum dari beberapa anggota DPR lama, yang di dalam video DPR-Musikal disebut-sebut sebagai manusia setengah dewa yang memiliki hak istimewa, menentang kegigihan Mawar yang ingin mengasahkan RUU FAK. Akibat adanya sistem yang sudah mengakar dan sulit diubah, membuat mereka menjadi rakus, serakah, putus asa dan tidak memedulikan rakyat secara utuh.

Musikal ini terbilang sukses menyuguhkan kritik terhadap lobi-lobi demi kepentingan golongan yang berkuasa, kebijakan yang kerap tidak berpihak pada rakyat tertindas, tindakan suap dan korupsi, dan hal-hal lain yang selama ini banyak menjadi kegelisahan rakyat terhadap wakil mereka di parlemen. DPR Musikal juga terbilang berhasil menyajikan getirnya pertarungan ideologi di DPR.

Ternyata, video ini tidak hanya ingin mengkritisi pihak DPR saja, di sebuah wawancara pembuat konten dan aktor, Andovi da Lopez berkomentar,  “Banyak yang mengira ini mengkritisi DPR, tetapi sebenarnya kita juga mengkritisi rakyat yang tidak tahu harus memilih siapa. Ini kritik juga buat gua sendiri, karena gimana bisa punya wakil rakyat yang bagus kalau kita tidak mengetahui rekam jejaknya. Ini keresahan yang ingin kami tunjukin di sini.”

DPR Musikal adalah drama musikal yang menyuguhkan beberapa lagu dengan makna nyata yang dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Bahasanya yang ringan, susunan nadanya yang indah, dan pemilihan kata yang baik menjadikan lagu dalam drama musikal ini terdengar mahal dan bermakna. Sehingga ketika selesai menonton videonya, ada beberapa bait dari lagu tersebut yang mungkin akan tetap terngiang-ngiang di dalam otak para penikmat video DPR Musikal ini.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment