Dira Claudia Bahroeny

Olahraga memang merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Pusat kebugaran pun menjadi pilihan ketika kita membutuhkan perlengkapan lengkap dan panduan dari seorang trainer. Namun, karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, membuat tempat ini kehilangan banyak peminatnya. Terlebih dengan adanya pembatasan interaksi fisik, yang menjadikan pusat kebugaran bukan pilihan terbaik berolahraga untuk saat ini.

Sektor wellness tanah air pun menghasilkan solusi cermat, yakni kelas olahraga online. Sebenarnya, kelas olahraga online sudah ada dari beberapa waktu lalu. Namun pandemi membuat eksistensinya meningkat karena banyak orang yang tetap ingin menjaga kebugaran tubuhnya walau hanya berada di rumah.

Sebagaimana kelas olahraga pada umumnya, kelas olahraga online juga akan dipandu oleh seorang trainer. Tetapi, hal yang berbeda adalah kita berolahraga dari tempat masing-masing dan terhubung melalui platform digital seperti Zoom dan Youtube. Jangan lupa juga bahwa peralatan seperti yoga matt, dumbbell, dan resistance band pun harus kita siapkan secara mandiri.

Nah, kelas olahraga online ini pun cukup diminati karena dianggap lebih fleksibel. Wajar saja, olahraga ini dapat disesuaikan dengan jadwal kita sehari-hari dan dapat dilakukan dari mana saja. Jadi tidak ada lagi alasan bagi sobat Pijar untuk tidak berolahraga karena tugas menumpuk atau jalan yang macat. Kini, berolahraga di rumah sambil memantau pekerjaan pun sudah bisa kita lakukan.

Selain itu, penyebaran virus corona yang tidak mengenal tempat dan waktu membuat kelas olahraga online dinilai lebih aman dan nyaman. Kita bisa saja mematuhi protokol kesehatan saat berada di pusat kebugaran, namun kita tidak dapat menjamin bahwa orang lain akan melakukan hal yang sama. Kehadiran kelas olahraga online ini, kita jadi tetap bisa menjaga kesehatan diri sembari menjaga keamanan anggota keluarga kita di rumah dari pandemi.

Kondisi kelas olahraga online oleh DOOgether yang berlangsung melalui zoom meeting. (Sumber Foto: doogether.id)

Keunggulan lain dari kelas ini adalah harga yang lebih terjangkau. Ketika kita memutuskan untuk berolahraga di pusat kebugaran, kita tidak hanya memikirkan biaya pendafaran melainkan juga biaya transportasi yang akan dikeluarkan dari kediaman kita menuju pusat kebugaran dan sebaliknya. Sekarang hal ini tidak lagi menjadi masalah. Hanya dengan membayar biaya pendaftaran, kita dapat langsung berolahraga secara nyaman di rumah. Haus? Tinggal ke dapur. Kebelet? Tinggal ke kamar mandi. Praktis.

Lalu, dari mana kita dapat memperoleh kelas olahraga online? Tenang saja. Berikut beberapa rekomendasi pilihan kelas yang sobat Pijar dapat pertimbangkan untuk ikuti:

  1. Home Sweat Home oleh Celebrity Fitness dan Fitness First

Program kelas olahraga online baru ini adalah hasil kolaborasi dari dua brand fitness di Indonesia, yakni Celebrity Fitness dan Fitness First. Melalui program Home Sweat Home, mereka mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berpartisipasi dalam kelas olahraga online yang dapat diakses melalui Facebook, Instagram, dan Youtube. Kelas yang ditawarkan pun beragam, mulai dari fast fit, hatha yoga, pilates, flexibility training, interval training, dan Dance N’ Attitude (DNA).

  1. VirtFIT oleh 20FIT

Memiliki konsep one-on-one virtual coaching, membuat keamanan pengguna VirtuFIT selama berolahraga lebih terjamin. Pendekatan ini membuat pelatih hanya fokus kepada satu pengguna dalam satu sesi latihan, sehingga dapat memastikan pengguna tidak mengalami cedera. VirtuFIT juga menyediakan jenis latihan seperti yoga, zumba, hingga High Intensity Interval Training (HIIT) yang umumnya berkisar 60 menit termasuk pemanasan dan pendinginan.

  1. DOOlive oleh DOOgether

DOOlive merupakan fitur baru hasil adaptasi DOOgether dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dengan fitur live classes, membuat orang dapat secara langsung melihat dan melakukan latihan olahraga. Pelatih dalam kelas ini juga merupakan trainer terlatih dari beberapa studio lokal yang bermitra dengan DOOgether.

Nah, pilihan kelas olahraga online yang beragam membuat kita tidak ada alasan lagi untuk tetap menjadi kaum rebahan selama pandemi. Ayo tetap sehat dan tetap di rumah saja dengan mengikuti kelas olahraga online. Semangat, sobat Pijar!

(Editor: Muhammad Farhan)

Leave a comment