Saatnya Viralkan Bisnismu melalui TikTok bersama Edho Zell

Sumber Foto: Alpha Class

Deswita Fajarani / Talitha Nabilah Ritonga

“Tahun 2020 adalah tahun paksa era digital” –Edho Zell

Pijar, Medan. Di era digital seperti sekarang, beberapa brand melakukan strategi marketing melalui beragam cara. Di mana, kita sudah masuk pada era industri 4.0 yang menuntut kita untuk dapat beradaptasi dengan adanya perkembangan digital yang begitu pesat.

Sebagimana yang dikemukakan oleh Chaffey dan Ellis Chadwick (2016), content marketing adalah istilah baru di dunia pemasaran, periklanan, promosi bisnis, seta kehumasan. Pemasaran konten merupakan salah satu konsep komunikasi dalam pemasaran digital.

Saat ini, pemasaran digital tengah menjadi primadona dan banyak diperbincangan. Terlebih lagi pada masa-masa pandemic seperti sekarang. Untuk itu Alpha Class turut melaksanakan webinar dengan tajuk “How to Make Your Content Marketing Go Viral” pada Jumat, (15/01) pukul 19.30-21.00 WIB melalui Zoom meeting.

Kegiatan ini dibuka oleh Jessica Leona sebagai moderator yang juga merupakan anggota dari Alpha Class. Webinar ini mencuri perhatian banyak orang karena tema dan narasumber yang diundang. Hal itu terlihat dengan banyaknya antusias dari peserta Zoom meeting yang mencapai 500 dan banyaknya live chat pada saat streaming di kanal Youtube.

Alpha Class sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di dalam industri edukasi online. Kegiatan diselenggarakan dengan mengusung konsep sharing session bersama Edho Zell yang merupakan social media influencer, founder Social Media Agency Social Bread, founder Nyapii, dan CEO Warteg Gratis.

Webinar Alpha Class bersama Edho Zell ini membahas tentang bagaimana membuat content marketing yang sesuai dengan keinginan pasar, bagaimana cara menjangkau target pasar, dan juga memaksimalkan konten sebagai alat marketing.

Dalam pemaparannya, Edho Zell menyarankan untuk memfokuskan diri menggunakan aplikasi TikTok sebagai bentuk strategi pemasaran digital. Menurutnya, TikTok banyak menyajikan informasi berupa video singkat yang dibuat oleh para content creator. Hal ini pula yang menjadikan TikTok sebagai platform yang viral sejak 2020 sebagai media content marketing yang berguna untuk meningkatkan brand awareness.

“Kita menggunakan TikTok karena menurut data pada bulan Mei 2020 aplikasi nomor satu di dunia adalah TikTok. Jadi, untuk pengenalan paling besar pengaruhnya adalah menggunakan TikTok. Indonesia menempati urutan pertama pengguna TikTok terbanyak di Asia. Tentu saja hal ini menguntungkan para pebisnis jika membuat content marketing di aplikasi tersebut,” ucap Edho Zell ketika menjelaskan materi.

Pemaparan materi digital marketing oleh Edho Zell, Jumat (15/01).
Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Ia juga menjelaskan bahwa sebelum membuat content marketing, pastikan kita tahu costumer journey. Jangan menggunakan hard selling ketika masih tahap pengenalan brand kepada calon costumer.

“Ada 3 hal utama yang harus dijalani, yang pertama TikTok, yang kedua adalah you must to have a good purpose over than just a passion, dan yang ketiga adalah dunia ini gak butuh lebih banyak orang sukses. Tetapi dunia ini butuh lebih banyak orang baik,” tegas Edho Zell pada penutupan webinar.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *