“Kamu dan Kenangan” Perjalanan Cinta Habibie & Ainun

Sumber Foto: youtube.com

Sabrina Silvani / Jonathan Alexander

Pijar, Medan. Pernahkah kamu merasa kesepian yang mendalam semenjak orang yang kamu sayang dan sangat berarti di hidupmu telah pergi untuk selamanya? Lagu “Kamu dan Kenangan” bisa menjadi jawabannya.

Menceritakan tentang kisah cinta Habibie dan Ainun, lagu ini menggambarkan perasaan pak Habibie setelah ditinggal seseorang yang sangat berarti di hidupnya. “Kamu dan Kenangan” adalah lagu ciptaan Melly Goeslaw yang sengaja dibuat khusus untuk dijadikan OST film Habibie & Ainun 3 dan dinyanyikan oleh Maudy Ayunda, sekaligus ikut berperan dalam film ini sebagai Ainun.

Sejak tanggal 21 Juni 2019 lalu, lagu ini sudah bisa dinikmati di berbagai streaming platform dan video klip yang ditayangkan di Youtube juga sudah ditonton lebih dari 8,1 juta terhitung sejak video ini diunggah di Channel MD Entertainment. Tersedia juga video lirik bagi orang-orang yang ingin menikmati lagu ini sambil menyanyikannnya sampai akhir.

Sepenggal lirik dalam lagu ini,  “Kamu dan segala kenangan menyatu dalam waktu yang berjalan… dan aku kini sendirian,  menatap dirimu dalam bayangan…”, diambil dari sudut pandang Habibie yang merasa kehilangan sebagian dari hidupnya semenjak ditinggal oleh orang terkasihnya, Ainun. Setiap kata yang terinspirasi dari skenario film Habibie & Ainun 3 sangat menwakilkan setiap adegan. Sebab sebuah OST sebuah film memang diharapkan berdasarkan alur cerita.

Kesedihan yang mendalam dapat kita rasakan hanya dengan menonton video musik dari lagu ini yang diluncurkan 3 Juli 2019. Terbukti dari beberapa penonton yang tak dapat menahan kesedihannya dan menyeka air matanya saat menyaksikan cuplikan  video musik ini di bioskop. Video musiknya berisi rekaman perjalanan cinta Habibie dan Ainun. Beberapa cuplikan rekaman foto Ainun diperlihatkan dalam berbagai usia. Pada awal video musik, Habibie tampil dan bercerita tentang Ainun, istri yang sangat ia cintai.

“Saya tidak pernah merasakan ditinggalkan Ainun karena beliau selalu ada di hati saya,” ucap Habibie pada awal video musik. Lagu ini membuat para pendengarnya dapat merasakan cinta yang dialami Habibie dan Ainun serta takut kehilangan orang yang mereka cintai dan kasihi. Setiap liriknya memberikan kesan yang sangat mendalam dan rasa menyesal akan kehilangan seseorang.

Tak ada yang lebih pedih
Daripada kehilangan dirimu
Cintaku tak mungkin beralih
Sampai mati hanya cinta padamu

Lirik ini menggambarkan rasa sakit dan kepedihan dalam kesepian setelah kepergian orang yang kita sayang, juga berisi ungkapan rasa cinta yang tak akan pernah padam terhadap seseorang meski dia telah pergi atau meninggalkan kita.

Lewat lagu “Kamu dan Kenangan” kita diperingatkan untuk menghargai dan mencintai seseorang dengan sepenuh hati selagi ia masih ada, ataupun bersama kita. Hal itu agar nanti saat mengalami kepergiannya, kita tidak menyesal. Karena waktu tidak bisa diputar dan manusia tidak memiliki mesin waktu, maka waktu Tuhan memberi pelajaran lewat lagu ini untuk tidak menyia-nyiakan setiap momen dengan orang tersayang.

(Editor: Widya Tri Utami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *