Septrian Arnike Maharani Tarigan Tua / Valencia Christiani Zebua

Pijar, Medan. Millenials atau yang acap kali disebut sebagai generasi muda dengan segala kondisi yang dihadapi, memungkinkannya untuk terus bermimpi. Segala mimpi itu tidak akan mudah tercapai jika menapaki jalan yang kurang tepat. Generasi muda, khususnya mahasiswa harus memiliki passion yang kuat dan terstruktur untuk mewujudkan segala impian dan melewati batas mereka. Inilah alasan diadakannya webinar “Kongkow Inspiratif Break The Limit: Menjadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi (KOPI 11.0 Virtual)” oleh Medan Youth Forum (MYF).

MYF sendiri merupakan organisasi kepemudaan yang berfokus pada pengembangan pemuda dan menjadi wadah bagi para pemuda terkhususnya mahasiwa. Organisasi yang berbasis di Medan ini, kerap mengadakan kegiatan yang berguna untuk mendukung pengembangan diri pemuda masa kini. Acara yang dilaksanakan secara daring, Minggu (22/11) pukul 20.00-22.00 ini berusaha memotivasi mahasiswa untuk berjuang meraih impian mereka.

Pada pemaparannya, Co-Founder MYF, Siti Meisyarah Amir berbicara tentang bagaimana mencapai sebuah mimpi dengan salah satu caranya yaitu menyeimbangkan akademik dan non akademik. Banyaknya mahasiswa yang bingung dalam menentukan prioritas dan ragu untuk mencoba hal baru, menjadi motivasi MYF untuk terus mengedukasi mahasiswa agar mampu bergerak dan bersaing di masa sekarang ini.

Penyampaian materi oleh Siti MeySyarah selaku co-founder Medan Youth Forum Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
Penyampaian materi oleh Siti MeySyarah selaku co-founder Medan Youth Forum
Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Kebiasaan mahasiswa yang sering membandingkan dirinya dan pencapaiannya dengan orang lain, menjadi hambatan besar bagi mereka untuk bergerak melampaui batasan. Mahasiswa harus keluar dari zona nyaman mereka untuk meng-upgrade skill yang mereka miliki agar dapat mengembangkan prestasi sekaligus aktif dalam berbagai hal. Menjadi aktif akan membuka pemikiran kita terhadap banyak hal.

“Mahasiswa aktif pasti memilki kualitas yang baik. Dengan menjadi mahasiswa aktif maka kita akan memiliki self development yang baik, build networking, dan having an open minded. Di mana mahasiswa yang aktif pasti memiliki pemikiran yang lebih terbuka terhadap berbagai hal,” ujar Siti.

Menjadi mahasiswa aktif dan berprestasi mudah diucapkan, namun susah untuk dilakukan. Tetapi, jika kita memiliki keyakinan dan passion yang kuat, maka hal itu dapat terwujud seiring dengan berjalannya waktu.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh MYF ini begitu menarik perhatian para pesertanya. Hal tersebut dapat dilihat dari percakapan-percakapan yang terjadi di kolom chat. Salah satu peserta pun memberikan ungkapan terimakasih, seperti “terimakasih kak atas ilmunya. Semoga menjadi berkah dan bernilai ibadah untuk kita semua, dan ditunggu kegiatan selanjutnya kak,” ucap Chandra salah satu perserta.

Tidak hanya itu, di penghujung acara MYF juga mengadakan kuis melalui Kahoot yang telah dirancang oleh sedemikian rupa oleh panitia.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

 

Leave a comment