Mengenal Lebih Dalam Keenam Calon Rektor Universitas Sumatera Utara

Sumber: usu.ac.id

Muhammad Afif Ramadhan / Alvira Rosa

Pijar, Medan. Salah satu pemimpin tertinggi di setiap universitas adalah rektor. Di Universitas Sumatera Utara, jabatan tertinggi sebagai rektor dipegang oleh Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H., M.Hum, yang mana saat ini beliau sudah berada di penghujung masa kepemimpinanya.

Terkait dengan akan berakhirnya masa kepemimpinan itu pula, Panitia Penjaringan Calon Rektor USU Periode 2021-2026, telah mempersiapkan berbagai rancangan tahapan. Di mana rancangan beberapa tahapan itu nantinya akan dilalui oleh calon-calon rektor baru untuk dapat menggantikan posisi rektor saat ini.

Tanggal 10-17 November, merupakan tahap awal yang dibuat oleh Panitia Penjaringan Calon Rektor USU. Tahap ini diawali dengan membuka pendaftaran bagi para calon Rektor baru, guna mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran untuk ke tahap penjaringan. Kemudian, tahapan awal ini resmi ditutup oleh ketua Panitia, Prof. Dr. Guslihan Dasa Tjipta SpA (K), pada tanggal (17/11) pukul 24.00 WIB.

Memasuki tanggal 18-19 November, proses penjaringan rektor USU periode 2021-2026 telah memasuki tahapan seleksi administrasi para calon rektor. Dari ketujuh calon yang mendaftar, enam diantaranya telah mengembalikan berkas administrasi, serta sudah memenuhi seluruh persyaratan yang diwajibkan. .

Dan untuk saat ini, tahap penjaringan sudah memasuki tahapan pengumuman hasil. Tepat pada tanggal (20/11), secara resmi panitia mengumumkan bahwa dari tujuh yang mendaftar, enam diantaranya sudah resmi untuk mengikuti tahap selanjutnya. Berikut keenam profil calon rektor baru Universitas Sumatera Utara yang lolos tahap seleksi :

  1. Dr.dr. Farhat. MKed (ORL-HNS) Sp THT-KL(K)

Beliau dikukuhkan sebagai guru besar tetap Universitas Sumatera Utara dalam bidang Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok (THT) dan bedah Kepala Leher (KL) pada Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, tahun 2020.

Pria kelahiran 16 Maret 1970 ini, juga mendapatkan gelar Konsultan di bidang Onkologi Bedah Kepala Leher dari Kolegium Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia, pada tahun 2011 silam. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Ketua Pusat Unggulan Iptek Karsinoma Nasofaring Universitas Sumatera Utara dan juga sebagai ketua umum perhimpunan bagi dokter spesialis THT-KL di seluruh Sumatera Utara.

  1. Muryanto Amin S.Sos. Msi

Merupakan dosen tetap aktif mengajar di Universitas Sumatera Utara, pada program studi Ilmu Politik S-1. Pada saat ini, beliau sedang menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara. Dan untuk gelar akademik sendiri, beliau merupakan lulusan Universitas Sumatera Utara (Program S-1), dan lulusan Universitas Indonesia ( Program S-3) pada tahun 2013 silam.

  1. Dr. M. Arif Nasution. MA

Adalah mantan dekan FISIP yang kini menjabat sebagai Direktur Pascasarjana dan juga Guru Besar Fisip Universitas Sumatera Utara. Ia menyelesaikan kuliah S1 di FISIP USU. Kemudian melanjutkan program S2 dan S3 di The Fliders University Australia dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

  1. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M. Ked (OG) Sp OG(K)

Nama beliau adalah nama yang tidak lagi asing untuk di dengar. Sebab, beliau adalah Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara sejak maret 2016, yang membidangi Keuangan dan Sumber Daya Manusia. Di tahun 1988, ia meraih gelar dokter di Universitas Sumatera Utara, kemudian melanjutkan pendidikan Spesialis Obstetri dan Ginekolohgi di Fakultas Kedokteran (FK) USU, dan selesai pada tahun 1997 silam. Kemudian, ia kembali melanjutkan pendidikan Magister Ilmu Kedoteran pada tahun 2011 dan meraih Brevet Konsultan dalam Bidang Endokrinologi Reproduksi dan Fertilitas dari Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia.

  1. Restu Utama Pencawan SH. MPd

Merupakan seorang Doktoran Teologia Kristen dan merupakan seorang praktisi pendidikan di Medan. Selain itu, ia juga kerap aktif di dalam Yayasan Pendidikan Nasional Pencawan Medan.

  1. M Sontang Sihotang. Ssi. Msi  

M Sontang merupakan seorang dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yang juga merupakan alumni Universitas Sumatera Utara pada tahun 1995. Kemudian setelahnya, ia melanjutkan studi magister di Universitas Indonesia pada tahun 2000 dan mendapat gelar doktor dari Universitas Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia pada tahun 2016 silam.

Terkait setelah dilaksanakannya tahapan pengumuman hasil penjaringan calon rektor, tahapan yang berikutnya adalah tahapan pelaksanaan audisi. Tahapan ini akan dilaksanakan pada tanggal (24/11).

Kendati demikian, masih ada satu tahapan lagi yang akan di lewati, yaitu tahapan penyaringan Calon Rektor di senat Akademik pada tanggal (26/11).

Maka setelah habis masa penyaringan, akan tiba saatnya tahapan akhir yaitu tahapan pemilihan. Tahapan ini nantinya akan dilaksanakan pada tanggal (3/12) mendatang, yang dilakukan oleh Majelis Wali Amanat.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *