Gabriella Prily Elvani

Pijar, Medan. Mula Indonesia kembali bekerja sama dengan Bintang Research dalam mengadakan Webinar dengan tema  Mystery Shopper: Mengetahui Kualitas Bisnis dengan Memanfaatkan Pembeli Rahasia”. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (11/7) pukul 13.00-14.00 WIB melalui platform Zoom.

Webinar dengan pemateri Muh. S. Wahyu, Direktur Pengelola Bintang Research dan Any Agustri, Pendiri Bintang Research ini membahas mengenai strategi dan cara dalam pemanfaatan pembeli rahasia atau yang sering disebut sebagai Mystery Shopper.

Pembeli rahasia merupakan sebuah teknik mengevaluasi layanan pelanggan atau tolak ukur kepuasan pelanggan di mana orang di luar perusahaan akan melakukan penyamar sebagai pelanggan dan menilai pelayanan yang dilakukan oleh karyawan.

Pembeli rahasia akan fokus mengamati 2 hal penting, yaitu kinerja karyawan, seperti cara berinteraksi karyawan dengan pelanggan dan operasi outlet, seperti stok barang dan manajemen operasional. Sebelum pembeli rahasia beraksi, terlebih dahulu akan diberikan skenario dan pengetahuan mengenai semua hal yang berkaitan dengan penilaian.

Any Agustri menjelaskan bahwa seorang pembeli rahasia tidak boleh diketahui oleh siapapun, terkhusus karyawan. Ketika pembeli rahasia ketahuan oleh karyawan maka dapat dikatakan pembeli rahasia tersebut gagal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pelayanan yang sebenernya terjadi.

“Setiap orang dapat menjadi pembeli rahasia, namun membutuhkan kemampuan berakting yang baik untuk menghindari kegagalan. Pembeli rahasia harus mampu berakting sebagai seorang pembeli biasa,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa pekerjaan sebagai pembeli rahasia juga membutuhkan ketelitian karena harus merekam semua hal yang dilihatnya dalam bentuk visual sebagai bukti dari penilaian yang dilakukannya tanpa diketahui oleh orang sekitar.

“Pada dasarnya belum ada kode etik dalam pembeli rahasia, namun hal tersebut kembali lagi kepada kesepakatan pembeli rahasia tersebut dengan pemilik perusahaan tersebut,” ungkap Muh. S. Wahyu.

Pemateri menganggp bahwa pembeli rahasia tidak boleh hanya sekali dilakukan, tetapi harus beberapa kali. Jika dilakukan hanya sekali mungkin hasil yang didapat hanya sebuah kebetulan. Perlu dilakukan beberapa kali untuk dapat menilai dengan jelas serta mendapatkan hasil yang maksimal.

Walaupun saat ini belum banyak perusahaan yang mengetahui dan menerapkan strategi tersebut, namun pemanfaatan pembeli rahasia menjadi sebuah inovasi yang baru dan bagus bagi setiap pebisnis dalam menilai perusahaannya. Hal ini juga menjadi sebuah evaluasi terhadap kinerja karyawan selama ini agar dapat diperbaiki dan berkembang menjadi lebih baik.

Webinar yang berlangsung selama 2 jam ini diisi dengan pemberian materi oleh kedua narasumber dan sesi pertanyaan oleh beberapa peserta. Antusias peserta cukup baik, terlihat dari cukup banyaknya pertanyaan yang diberikan kepada pemateri.

Meski pada pembukaan webinar terdapat beberapa masalah teknis oleh pemateri, namun penyampaian materi dalam webinar tersebut berjalan dengan baik. Webinar tersebut diakhiri dengan foto bersama dengan pemateri dan peserta.

(Redaktur Tulisan: Hidayat Sikumbang)

Leave a comment