Zain Fathurrahman

Pijar, Medan. Fikom Students Creativity Parade (Fikom Decree) Universitas Sahid Jakarta baru saja menyelenggarakan sebuah Webinar “Public Speaking Workshop 2020” bertajuk “Kunci Menjadi Generasi Penerus Bangsa yang Mahir Berbicara” pada (25/6. Webinar ini dilaksanakan melalui Zoom dan disiarkan melalui YouTube.

Public Speaking Workshop 2020 ini menghadirkan Ginza Rheza (Founder & CEO Selected Comm.) dan Audhy Rachaddian (Trainer & Entertainer) sebagai pembicaranya. “Tujuan dari workshop ini untuk mengajak seluruh peserta belajar tentang bagaimana cara menjadi seorang public speaker yang baik,” tutur Desi Pratiwi sebagai perwakilan panitia acara.

Workshop ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pembukaan acara oleh Desi Pratiwi sebagai host. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Merry Safarwati sebagai dosen mata kuliah Humas, kata sambutan dari Bapak Rafi’i sebagai dosen mata kuliah Publisitas & Pameran, serta kata sambutan dari Kamelia Magda sebagai ketua pelaksana acara.

Kemudian acara berlanjut ke dalam sesi talkshow dengan kedua narasumber yang dimulai dengan Ginza Rheza. Di sana, ia menceritakan tentang pengalaman-pengalamannya di dalam dunia public speaking. Ia juga menjelaskan tentang masalah-masalah yang sering dihadapi seseorang ketika melakukan public speaking seperti ‘ngeblank’, build trust, dan kesalahan artikulasi.

“Komunikasi adalah salah satu soft skill yang mendasar dan harus dimiliki oleh setiap orang, apa pun pekerjaannya,” tutur Ginza.

Narasumber kedua, Audhy Rachaddian memberikan materi tentang public speaking yang berpusat pada teknik presentasi yang baik dan benar. Tentang bagaimana cara-cara yang umum ataupun yang tidak biasa untuk membuka presentasi di depan publik. Di sini, ia juga mengadakan sesi praktik di mana dua orang peserta diminta untuk mempraktikkan apa yang sudah diajarkan sebelumnya.

Webinar ini berlangsung selama dua jam yang berakhir pada pukul 15.00 WIB. Walaupun acara yang diselenggarakan terlihat sudah direncanakan dengan baik, tetapi terdapat beberapa kendala teknis seperti gangguan jaringan internet pada host dan moderator.

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

Leave a comment