Nurrafiqa

Pijar, Medan. Universitas Sumatera Utara kembali menjadi tuan rumah dalam rangkaian acara IMT-GT. Sabtu, (5/8) Opening Ceremony The 19th IMT-GT Varsity Carnival diselenggarakan dengan semarak di Gedung Auditorium Universitas Sumatera Utara. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari ketiga negara, Indonesia-Malaysia-Thailand. Varsity Carnival merupakan acara rutinan yang setiap tahun dilaksanakan IMT-GT.

Acara dimulai dengan makan malam bersama seluruh rombongan. Selanjutnya pembukaan oleh MC kemudian menyanyikan lagu kebangsaan tiga negara dimulai dengan Indonesia Raya, Negaraku dan ditutup dengan Pleng Chat Thai. Selanjutnya laporan oleh Ketua Panitia, kata-kata sambutan oleh Wakil Rektor IV USU, Dr. Ir. Bustami Syam, M. S. M. E.,  dan beberapa patah kata dari perwakilan President of IMT-GT Varcity Carnival Council, Prof. Supote Kovitaya.

Dalam kata sambutannya, Prof. Supote Kovitaya menjelaskan tujuan dari acara ini adalah agar ketiga negara bisa saling berkembang dan selalu memiliki hubungan yang baik serta menyatukan seluruh suku. Ia juga berharap agar mahasiswa lebih mengenal mahasiswa dari luar negara masing-masing sehingga memiliki wawasan yang lebih luas.

Berbeda dengan Prof. Supote Kovitaya, sebagai tuan rumah, Wakil Rektor IV USU memberi sambutannya kepada delegasi dari Malaysia dan Thailand dengan keterbukaan dan saling menjalin hubungan baik. Kemudian diakhir kata sambutan Dr. Ir. Bustami Syam, M. S. M. E. menegaskan, “If you find any difficult, talk to us!”.

Persembahan Cultural Performance oleh Perwakilan PU thailand. (Fotografer: Nurrafiqa)
Persembahan Cultural Performance oleh Perwakilan PU Thailand. (Fotografer: Nurrafiqa)

Pembukaan acara secara resmi ditandai dengan pemukulan gong di atas panggung oleh Prof. Supote Kovitaya, wakil rektor IV USU, Rektor UNIMED, Rektor ITM dan Isman Nuriadi selaku perwakilan dari ketua panitia. Pemukulan gong disaksikan oleh seluruh peserta dari 10 universitas peserta The 19th IMT-GT Varsity Carnival antara lain USU, UNIMED dan ITM selaku peserta perwakilan Indonesia. UITM, UUM, University of Saint Malaysia dan UNIMAP sebagai perwakilan Malaysia, serta Rajamanggala University, WU, dan PSU sebagai perwakilan Thailand.

Muhammad Yusri, salah seorang peserta tari asal UNIMAP Malaysia mengaku senang mengikuti rangkaian acara dan sangat puas dengan perlakuan dari tuan rumah kali ini, “ini first time saya join, sedikit nervous-lah tapi alhamdulillah malam ini oke. kami puas hati. Tuan rumah oke, activity bagus, atur cara bagus, LO juga sangat bagus, sementara untuk hari ini kami sangat berpuas hati, makanan pun sedap, penginapan pun oke juga,” tuturnya dalam logat melayu kental.

Rangkaian acara The 19th IMT-GT Varsity Carnival nantinya akan digelar selama lima hari terhitung sejak tanggal 5-10 Agustus 2017.  IMT-GT Varsity Carnival terdiri dari tiga cabang perlombaan yaitu olahraga yang akan berlangsung di USU, culture art di UNIMED dan seminar di ITM, selanjutnya penutupan secara resmi (Closing ceremony) di UNIMED.

 

Leave a comment