Yohana Syuhaya

Pijar, Medan. Sabtu (11/03) Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Psikologi USU mengadakan seminar nasional yang bertemakan “ Stop Cybercrime, Create Cybersmart, ‘Save Our Life’ ”. Acara yang berlangsung di Aula Farmasi lantai 2 USU ini resmi dibuka oleh Rektor USU yaitu Prof. DR. Runtung Sitepu, S.H., M.Hum dan juga dihadiri oleh Dekan Psikologi USU Zulkarnain, Ph.D.

Acara yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini memiliki beberapa subtema seperti : 1) Be a smart generation through cybersmart 2) I’m ready to fight cybercrime dan juga 3) Raise awareness againtst cybercrime. Adapun pembicara dalam seminar nasional ini adalah Kompol Jumanto, S.H (Kanit 3 Subdit II / Cybercrime Ditreskrimsus Polda Sumut), Donny B.U (Executive Director ICT Watch, Indonesia ) dan Juliana Saragih M.Psi. Psikolog (Dosen Psikologi USU).

Zalita Alita Boru Sembiring selaku ketua panitia mengatakan latar belakang seminar nasional ini yaitu “berangkat dari  semakin banyaknya pengguna internet dan kemudian semakin maraknya pengguna internet yang tidak sehat,”.

Perlu kita ketahui bahwa berdasarkan hasil survei oleh lembaga Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet di Indonesia tahun 2016 adalah sebanyak 132,7 juta user atau sekitar 51,5%, dari total penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta jiwa.  Menurut KPAI kejahatan cyberbulling pun meningkat terus di setiap tahun.

Donny, Executive Director ICT Watch Indonesia sebagai salah satu pemateri dalam Seminar Nasional PSY Generation di Aula Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, Medan. (11/03) (Fotografer : Reza Andika Putra)
Donny, Executive Director ICT Watch Indonesia sebagai salah satu pemateri dalam Seminar Nasional PSY Generation di Aula Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, Medan. (11/03)
(Fotografer : Reza Andika Putra)

Wanita berkerudung hijau ini mengatakan tujuan dan harapan dari seminar nasional ini “semakin banyak mahasiswa-mahasiswi, pelajar, dan masyarakat umum dapat mengerti internet sehat. Dan dapat menghindari dampak buruk dari internet tidak sehat seperti berita hoax, bullying, plagiat dan sebagainya” ujarnya.

Salah satu peserta yaitu Chintia Ginting yang merupakan salah satu mahasiswi USU mengatakan “acara ini bagus, jadi lebih tahu cybercrime itu apa dan hukuman apa yang di dapat kalau menyalahgunakan internet itu, harapan aku sih semoga acara seperti ini bisa diperbanyak lagi kedepannya,” ungkapnya.

Leave a comment