Hits: 32

Dita Andriani

 

Semua kata rindumu

Semakin membuatku tak berdaya

Menahan rasa ingin jumpa

Percayalah padaku akupun rindu kamu

Ku akan pulang melepas semua kerinduan

Yang terpendam…

Pijar, Medan. Dewa 19, siapa yang tak mengenal musisi satu ini. Lirik lagu fenomenal mereka selalu teriang dibenak setiap orang. Bagi para pejuang rindu, tentunya sepenggal lirik lagu di atas tidaklah asing. Grup band yang satu ini dibentuk pada tahun 1986 di kota pahlawan, Surabaya. Siapa sangka, pendatang baru dikala itu mendapatkan dua penghargaan di BASF Awards 1993, kategori “Pendatang Baru Terbaik” dan “Album Terlaris 1993” pada album yang bertajuk Dewa 19.

Munculnya bibit baru di ranah hiburan tidak mudah menggantikan mereka di hati penggemarnya. Perjalanan yang cukup panjang menghantarkan mereka menjadi musisi yang dikenang karyanya sepanjang zaman. Walau sempat berganti personil beberapa kali tetapi tidak terlalu berpengaruh karena hasil karya mereka tetap mewakilkan isi hati penikmatnya.

Lantunan lagu hits mereka tak jarang kita dengar di zaman sekarang. Lagu tembang berjudul ‘takkan ada cinta yang lain’ hasil karya single berjudul “Aku Milikmu” menjadi lagu hits hingga saat ini. Lagu galau yang satu ini, tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Lagu yang berjudul ‘cintakan membawamu kembali’ masih sering dinyanyikan oleh anak muda yang sedang gundah ditinggal sang pujaan. ‘Kangen’ menjadi salah satu lagu yang paling banyak penikmatnya hingga kini. Lirik yang dapat menyentuh ke dasar hati membuat pendengar teringat akan masa indah bersama sang pujaan. Dewa 19 selalu mempunyai cara untuk menyentuh hati para pendengarnya melalui liriknya yang lembut dan menyentuh. Menggali ingatan akan masa lalu adalah keahlian grup band yang satu ini.

Walaupun sempat berubah haluan musik, semula musik pop menjadi jazz tetapi tidak menjadi penghalang buat mereka terus berkarya. Andra dan Dhani yang sebelumnya penyuka Rock pun tertarik dengan aliran jazz. Aliran jazz ini sendiri diperkenalkan oleh Erwin yang juga mengagumi alirannya.  Bongkar pasang pemain pun sering dilakukan oleh grup band legend ini. Pada akhirnya kesibukan para pemain membuat mereka tidak dapat menyelesaikan album kesepuluh. Walaupun pada tahun 2008 sempat kembali merilis singel bertajuk ‘Perempuan paling cantik di negeriku indonesia’ dan ‘bukan cinta manusia biasa’ (2009). Tetapi keputusan Once untuk bersolo karir tidak dapat dihalau, inilah yang menjadi penyebab perpecahan grup band legend ini.

Pada zaman sekarang sulit untuk menemukan lagu yang megutarakan isi hati melalui kata-kata yang tersirat. Ini menjadi alasan terbesar Dewa 19 masih menjadi deretan teratas untuk lagu galau yang menenangkan. Lagu yang takkan pernah mati dimakan usia. Lirik yang takkan terlupakan sepanjang sejarah. Dan kenangan yang selalu terukir disetiap baitnya.

Leave a comment