Hits: 14

Maya Andani

Pijar, Medan. Kamis (14/10) Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (UNIMED) menyelenggarakan oktoberfest atau pesta budaya Jerman  yang diadakan di pelataran FBS UNIMED. Acara ini bertemakan “Symphonie als das Denkmal der Kulturella”.

Acara ini merupakan acara tahunan. Tujuan dari acara ini yaitu untuk memperkenalkan budaya Jerman sekaligus memperkenalkan pendidikan bahasa Jerman yang ada di UNIMED. Acara ini diselenggarakan dua hari mulai dari tanggal 13-14 Oktober dengan serangkaian acara perlombaan. Acara hari pertama yaitu pawai drumband  dan costplay  tokoh-tokoh Jerman yang mengelilingi UNIMED. Dan serangkaian perlombaan yaitu tes kemampuan berbahasa Jerman, cerdas cermat, musikalisasi puisi, volksong, dan Bavariantans (tarian tradisional Jerman). Pada hari kedua ada lomba susun kata, Konig Konigin (Raja dan Ratu Jerman), dan debat bahasa Jerman. Serangkaian perlombaan didominasi oleh siswa/i SMA.

Acara ini diadopsi dari oktoberfest di Jerman, perayaan ini merupakan pesta panen yang dilaksanakan di Jerman khususnya di daerah München, Bayern. Acara ini rutin diadakan dan mengalami transformasi. Perayaan ini identik dengan bir dan roti Breadzel Jerman. Dan merayakan dengan menggunakan pakaian khas mereka.

Acara ini juga dimeriahkan oleh stand pameran. Stand ini memamerkan kreasi mahasiswa/i pendidikan bahasa Jerman. Masing-masing stand mewakili negara bagian yang ada di Jerman, stand terbaik akan mendapatkan penghargaan.

“Semoga lebih banyak orang-orang yang tahu tentang bahasa dan budaya Jerman. Sebab banyak orang yang kurang tahu tentang hal itu. Sebenarnya ini menunjukkan bahwa bahasa Jerman itu ada. Semoga siswa dan siswi tertarik untuk bergabung bersama kami di Pendidikan bahasa Jerman. Dan semoga dengan acara ini meningkatkan kemampuan bahasa Jerman kami sebagai mahasiswa pendidikan bahasa Jerman,” kata Widia Sofiana Putri selaku sekretaris panitia oktoberfest.

“Acaranya menarik, tetapi kurang ramai tahun ini. Semoga acara tahun depan lebih ramai dan meriah lagi,” kata Devi Yunita Sari peserta lomba susun kata dari MAN 2 Model Medan.

Leave a comment