Hits: 33

Salsabila Sagala / Laura Nadapdap

Pijar, Medan. Akun Instagram @toba.ai adakan talkshow berbagi tips mengolah konten pada Kamis (11/11/21) pukul 19.00 WIB. Memanfaatkan fitur live di Instagram, acara ini mengangkat judul “Membuat Konten untuk Engagement Maksimal” yang dikemas dalam program Toba Talks.

Dalam bincangnya, Toba AI menghadirkan Muhammad Elfanza sebagai narasumber. Pria muda ini adalah seorang pembuat konten yang telah membangun sebuah akun Instagram menjadi tempat belajar coding. Akun @elfanthedev itu kerap membagikan hal seputar teknologi informasi dan tentunya berbagi ilmu seputar coding. Memiliki engagement rata-rata di angka 400, Elfan bagikan “kunci” dalam pembuatan kontennya melalui kegiatan malam itu.

Tips pertama, pahami diri kita masing-masing. Elfan menjelaskan bahwa dalam membuat konten sebaiknya sesuai dengan passion yang ada di dalam diri kita. Dengan begitu, kita sebagai pembuat konten akan terus semangat dan tidak merasa terpaksa dalam berkarya. Tak hanya sekadar mengunggah konten, kita dapat pula berbagi ilmu tentang passion yang kita dalami.

Menyambung tips pertama, Elfan mengungkapkan bahwa untuk mendapat engagement yang besar, kita sebagai pembuat konten harus memperhatikan call to action (CTA). CTA ini berarti bagaimana konten kita dapat mengundang orang-orang untuk memperhatikannya. “Usahakan bikin CTA yang mengundang komentar panjang dan mengundang diskusi juga. Jangan cuman bikin CTA yang yes or no question saja,” jelasnya.

Kemudian Elfan menekankan kalau kita harus sering-sering memvariasikan konten. Cobalah untuk menjajaki beberapa tipe konten untuk menemukan yang sesuai dengan target khalayak. “Harus sering-sering nyoba bikin beberapa tipe konten sih, soalnya kita kan gak pernah tahu mana konten yang bakal naik gitu,” tambahnya.

Selanjutnya, para penonton yang menyaksikan siarang langsung Toba AI mulai mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan topik perbincangan di kolom yang telah disediakan.

Di penghujung acara, peserta talkshow dalam live Toba Talks mendapatkan sertifikat elektronik sebagai tanda bahwa sudah mendapat ilmu dan wawasan melalui akun @toba.ai ini. Sertifikat didapat peserta di akhir acara, dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pada tautan yang diberikan.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment