Reza Andika Putra

Pijar, Medan. Dorongan kehendak berupa motivasi diperlukan manusia agar dapat melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tersebut. Pergerakan Anggota Muda IAKMI Sumatera Utara (PAMI SUMUT) menyelenggarakan Seminar Motivasi di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU) pagi ini (04/06).

Muhammad Al Farabi, selaku ketua panitia Seminar Motivasi PAMI SUMUT memaparkan bahwa tujuan acara ini diselenggarakan agar mahasiswa punya tujuan selagi masih kuliah dan tidak sekedar kuliah pulang saja. Dia menambahkan bahwa seminar ini juga bertujuan untuk membangun semangat mahasiswa menjadi generasi pembawa perubahan.

Seminar Motivasi tersebut mengambil tema “Mari Membangun Semangat Muda Menjadi Generasi Pembawa Perubahan” sangat sesuai dengan visi PAMI SUMUT sendiri.  Kegiatan ini dimulai dengan penampilan akustik oleh Lukas, salah satu mahasiswa FKM USU, kata sambutan oleh ketua panitia dan ketua umum PAMI SUMUT, dan acara puncak yaitu pemaparan materi seminar.

Ada dua pembicara yang turut mengisi kegiatan tersebut, Ahmad Faury sebagai Dosen Penyandang Distablitas UINSU dan Syaiful Burhan selaku Pendiri Usaha Molen Arab. Ahmad Faury menjelaskan materi tentang motivasi diri dan Syaiful Burhan menjelaskan materi motivasi kewirausahaan dan perjalanan bisnisnya.

Ahmad Faury (Kanan) dan Syaiful Burhan ( Kiri) sebagai pembicara dalam kegiatan Seminar Motivasi 2016 PAMI SUMUT di Aula FKM USU, Medan. (04/06). Fotografer Reza Andika Putra.
Ahmad Faury (Kanan) dan Syaiful Burhan ( Kiri) sebagai pembicara dalam kegiatan Seminar Motivasi 2016 PAMI SUMUT di Aula FKM USU, Medan. (04/06).
Fotografer  : Reza Andika Putra.

Menurut Al Farabi, antusias peserta seminar kurang dikarenakan banyak mahasiswa USU yang pulang kampung mengingat senin sudah memasuki puasa pertama. Peserta seminar hanya sekitar 150 peserta saja.

Hal itu tidak menghentikan seminar tersebut untuk mendapatkan tanggapan baik dari salah satu pembicara. “Bagus, harus banyak dibuat seperti ini. Motivasi gapapa tapi harus lebih ke arah kewirausahaannya,”ujar Syaiful Burhan. Syaiful juga berharap agar peserta setidaknya satu atau dua orang termotivasi untuk memulai usahanya sendiri.

Selain pemateri, tanggapan baik juga didapat oleh peserta seminar tersebut. “Pembicaranya luar biasa, perjalanan hidup mereka disajikan secara menarik sehingga mudah dimengerti,” ujar Ami sebagai salah satu peserta dalam seminar tersebut. Ami juga menambahkan bahwa keterlambatan acaralah yang menjadi kekurangan dalam seminar tersebut namun untuk keseluruhan acara sangat memuaskan.

Leave a comment