Hits: 23

Khairullah bin Mustafa Usman

Judul Buku      : Politik dan Pemerintahan Amerika

Penulis             : Dr. Bambang Cipto

Penerbit           : LINGKARAN

Ada yang ingin ke Amerika? Buat penelitian mungkin? Bagi kamu-kamu yang suka baca buku politik, sepertinya pantas untuk kamu membaca buku yang satu ini.

Buku setebal 253 halaman ini menyajikan secara gamblang Pemerintahan di Amerika. Mulai dari prinsip-prinsip dasar pemerintahannya sampai dengan bentuk Pemerintahan Federal. Benua Amerika yang ditemukan Cristopher Colombus itu ternyata sudah dihuni kumpulan dari bangsa-bangsa seperti Belanda, Perancis, Swedia, Prusia, Norwegia, dan Polandia.

Sistem pemikiran politik Amerika adalah bagian dari pemikiran John Locke dan Adam Smith dibidang Ekonomi Kapitalis. Ternyata konstitusi pemerintahan mereka begitu membatasi pergerakan presidennya selaku kepala eksekutif di negeri pluralisme dan majemuk itu. Sebab mereka takut kekuasaan mutlak berlaku di negeri mereka seperti monarki yang berlaku di Inggris.

Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat; semboyan yang digagaskan Abraham Lincoln persis seperti apa yang digagaskan Montesqieu lewat Trias Politica. Sistem inilah yang diamalkan Negara Paman Sam tersebut. Setelah membaca buku ini anda akan terkejut, sebab negara yang menjadi pencetus demokrasi itu terbukti sangat kurang dalam partisipasi politik. Beda dengan budaya politik di Indonesia yang parokial, kaula, menuju partisipatif seutuhnya.

Buku ini juga memaparkan secara rinci sebab-sebab pemilih di Amerika menurun. Kita juga akan mmemahami apa yang dimaksud dengan kongres, senat, dan arti presiden itu sendiri. Bagaimana faktor agama seperti Katolik Roma, Anglikan, Calvinis, Hugenot, Lhuteran, dan Yahudi begitu mendominasi suara 2 partai besar disana, demokrat dan republik? Bagaimana kampanye media Amerika bisa memundurkan suatu partai serta sebaliknya?

Lobi, kelompok kepentingan ikut bermain dalam perjalanan Pemerintahan Gedung Putih. Politik luar negeri yang semula Isolasionis berubah 180 derajat ke arah agresive. Kamu akan tahu banyak hal lewat dan dari lembaran-lembaran buku ini. Buku yang sangat pantas dibaca di musim Pilpres ini, sekaligus ngabuburit menjelang berbuka.

Leave a comment