Ikatan Mahasiswa Kepulauan Riau (IMKR) mengadakan kongres perdana pada Minggu (19/5) di Aula Lembaga Ilmu Penelitian Universitas Sumatera Utara. Foto : Yudha Ikhsan

Pijar, Medan. Ikatan Mahasiswa Kepulauan Riau (IMKR) mengadakan kongres perdananya pada hari Minggu, (19/5) waktu setempat. Acara yang diadakan di Aula Lembaga Ilmu Penelitian Universitas Sumatera Utara itu dihadiri oleh Franto Tonggi selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau dan  Eko Susanto selaku Pembina IMKR Medan sekaligus  pembina dari Himpunan Mahasiswa Kepulauan Riau (HIMAPRI).

Kongres ini dimulai dengan kata sambutan dari ketua panitia Rionaldi Ardiansyah, ketua umum IMKR Prasetya Ajitama,  pembina IMKR (Eko Susanto), dan kata sambutan dari Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Franto Tonggi. Acara dilanjutkan dengan pengenalan Badan Pengurus Harian IMKR Medan serta divisi – divisi beserta program kerjanya, kemudian peresmian secara simbolik oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, ketua IMKR Medan, dan pembina IMKR Medan.

Dalam kata sambutannya, Eko Susanto menyampaikan bahwa dengan terbentuknya IMKR di Medan ini, diharapkan agar seluruh mahasiswa Kepulauan Riau yang ada di Medan dapat menjadi keluarga besar yang menjaga nama baik dan kepribadian. Beliau juga berharap agar mereka dapat meningkatkan citra baik masyarakat Kepulauan Riau dan organisasi IMKR Medan agar  bermanfaat dan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Provinsi Kepulauan Riau sendiri.

Perwakilan Dinas Pendidikan Kepulauan Riau, Franto Tonggi juga menyampaikan harapannya pada organisasi muda tersebut, melalui pidatonya beliau mempunyai berharap  organisasi IMKR ini dapat menjadi sentral sosial budaya Kepulauan Riau di Medan.  Selain itu, beliau juga menekankan kepada organisasi ini untuk agar mampu menarik lebih banyak mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari kepulauan Riau untuk bergabung bersama IMKR demi mengharumkan nama Kepulauan Riau.

Hal yang terpenting menurut penuturan beliau adalah IMKR diharapkan mampu  membesarkan nama IMKR Medan dengan mengadakan banyak kegiatan – kegiatan positif yang menunjang terciptanya sebuah pergerakan positif dari organisasi.
IMKR Medan yang diketuai oleh Prasetya Ajitama ini memiliki 7 Divisi yaitu Divisi Agama Islam diketuai oleh Al Minul Kahfi, Divisi Agama Kristen diketuai oleh David Edward Sitorus ini memiliki 7 divisi yakni, Divisi Pendidikan dan Penalaran, Divisi Hubungan Masyarakat, Divisi Keanggotaan, Divisi Pemuda dan Olah Raga, serta  Divisi Dana dan Usaha.

“Kongres ini diadakan sebagai pengukuhan dan peresmian Organisasi IMKR di Medan sekaligus memperkenalkan Badan Pengurus Harian Inti dan divisi – divisi, serta program – program kerja yang akan dilaksanakan dalam Organisasi IMKR Medan. Selain itu juga untuk mengenalkan kepada seluruh mahasiswa yang berasal dari Kepulauan Riau yang ada di Medan, bahwa mereka juga memiliki suatu wadah untuk menampung, melatih, dan meningkatan sumber daya manusia. Sehingga mahasiswa Kepulauan Riau yang ada di Medan tidak lagi kebingungan mencari tempat bertanya atau menyelesaikan masalah mereka” tambah Rionaldi Ardiansyah selaku Ketua Panitia Kongres I IMKR Medan 2013. (yi, mr)

 

Leave a comment