Hits: 22

Trisha Permata Lidwina Lumbangaol

Pijar, Medan. Persik, tak hanya buahnya yang banyak disukai orang, getah dari pohonnya ternyata juga dapat diolah menjadi hidangan penutup nan lezat. Hidangan tersebut biasa dikenal dengan nama peach gum dessert. Hidangan penutup asal Tiongkok ini biasa dihidangkan di setiap perayaan ataupun hari-hari besar. Tak hanya itu, olahan getah pohon persik ini juga dikenal akan khasiatnya untuk kesehatan.

Peach gum atau bisa disebut juga dengan tao jiao, berasal dari resin atau getah pohon persik yang telah mengkristal dan membentuk bongkahan. Getah tersebut memiliki warna bening dan apabila terkena sinar matahari, akan menghasilkan cahaya kuning keemasan. Sebelum beralih ke proses pengolahan, peach gum perlu direndam terlebih dahulu selama 10—12 jam hingga mengembang.

Getah pohon persik sejak lama dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan yang dimiliki, seperti kolagen dan asam amino yang berfungsi memperbaiki jaringan kulit dan jaringan protein dalam tubuh. Kandungan tersebut memicu tubuh untuk meregenerasi kulit dan mencegah penuaan dini. Karenanya, peach gum kerap disebut sebagai “kudapan panjang umur”.

Kolagen yang terkandung pada peach gum juga memiliki khasiat lain selain merawat kulit dan mencegah penuaan dini, yakni meredakan nyeri sendi dan membentuk massa otot. Tak hanya kolagen, protein prolin yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah dan senyawa glycine yang berfungsi untuk menunda kerusakan jaringan otot juga terdapat pada peach gum.

Di balik nikmatnya olahan peach gum dessert, terdapat komponen-komponen tambahan di luar dari peach gum, yang melengkapi rasa nikmat serta menambah khasiat dari dessert itu sendiri. Berikut komponen pelengkap yang mendukung cita rasa dari kudapan tersebut.

  1. Goji Berry

Dengan warna merah yang khas, buah ini memiliki segudang manfaat dalam kesehatan. Kandungan asam valproat yang dapat meredakan stres serta asam amino esensial yang mampu meningkatkan metabolisme menjadikan buah ini kaya akan khasiat.

  1. Jamur Es

Jika orang-orang berasumsi dengan mengonsumsi peach gum dessert membuat kulit menjadi lebih sehat, maka opini itu adalah benar. Di balik jamur es yang cenderung kenyal dan bertekstur sedikit garing, terdapat kandungan hyaluronic acid yang berfungsi menjaga kelembaban kulit.

  1. Longan Kering

Komponen inilah yang menambah cita rasa hidangan penutup dengan rasa manis khas buah-buahannya. Longan kering juga mengandung vitamin c dan antioksidan yang baik untuk kulit.

  1. Biji Teratai

Biji tanaman lotus ini memiliki segudang khasiat yang jarang ditemukan pada bahan-bahan lain. Gizi di dalamnya mampu menghambat penuaan dini (anti-aging) serta dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.

  1. Buah Jujube Kering

Jujube atau kurma merah khas Cina sudah terkenal akan khasiatnya dalam mengatasi insomnia. Maka, dengan mengonsumsi peach gum dessert, kita juga dapat memperbaiki kualitas tidur.

  1. Buah Kundur

Buah berwarna hijau ini memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam tanaman merambat ini dapat menurunkan risiko serangan jantung, menurunkan kadar gula dalam darah, mengatasi radang tenggorokan, dan masih banyak lagi.

  1. Chia Seed

Tidak hanya jamur dan buah-buahan kering, biji yang terdapat di dalam olahan peach gum dessert juga turut mempunyai khasiat. Serat yang terkandung pada bijinya mampu mengikat kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung.

  1. Gula Batu

Hidangan penutup tidak terlepas dari rasa manis, walaupun demikan, gula batu yang berperan sebagai penambah rasa manis juga ikut menyumbangkan manfaat. Berbeda dengan gula lain, gula batu dapat membantu sirkulasi darah, meningkatkan hemoglobin, meredakan batuk, dan meningkatkan kemampuan penglihatan.

Adanya peach gum dessert dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menikmati sensasi rasa lezat nan menyehatkan. Dilengkapi dengan berbagai komponen tambahan, menjadikan olahan ini sebagai hidangan penutup yang memiliki khasiat seperti obat, tetapi dengan rasa yang lebih bersahabat.

Tekstur kenyal dari peach gum dan jamur es, berpadu dengan rasa khas buah-buahan kering, kemudian dibalut dengan sensasi rasa manis dari gula batu akan sangat nikmat di mulut. Bagaimana nih? Apakah kamu penasaran untuk mencobanya?

(Redaktur Tulisan: Hana Anggie)

Leave a comment