Hits: 34

Anissa Nurul Faiza

Pijar, Medan. Seperti yang kita tahu, Coldplay akan menggelar konser pertamanya di Jakarta pada bulan November. Salah satu lagu yang paling populer dan tidak pernah terlupakan adalah “Fix You”. Namun, taukah kamu? Ternyata lagu ini memiliki makna yang dalam dan kisah yang menyentuh, lho!.

Lagu “Fix You” merupakan salah satu lagu Coldplay yang dirilis pada tahun 2005 sebagai bagian dari album studio ketiga, X&Y. Lagu ini menjadi legenda yang senantiasa dikenang dan dikenal karena liriknya yang emosional dengan iringan melodi indah dan membangkitkan semangat.

“Fix You” dapat diinterpretasikan sebagai lagu yang berisikan dukungan, kenyamanan, dan bagaikan ‘obat’ bagi seseorang yang sedang melalui masa sulit. Lagu ini adalah simbol harapan, dorongan, serta sumber inspirasi bagi para pendengarnya.

Lirik dalam lagu ini menyampaikan pesan yang bermakna akan kehadiran seseorang saat mereka sedang merasa sedih dan hancur. Lagu diawali  dengan alunan piano yang lembut dan halus. Lalu, secara bertahap memadukan instrumen dan vokal untuk menciptakan suara yang kuat dan emosional.

 When you try your best, but you don’t succeed

(Ketika kau berusaha yang terbaik, tapi kau tidak berhasil)

When you get what you want, but not what you need

(Ketika kau mendapatkan apa yang kau mau, tapi bukan yang kau butuhkan)

When you feel so tired, but you can’t sleep

(Ketika kau merasa sangat lelah, tapi kau tidak bisa tidur)

Stuck in reverse

(Terjebak masa lalu)

Penggalan lirik tersebut menceritakan tentang masa-masa sulit yang ada di hidup seseorang. Secara keseluruhan, lirik dari lagu ini memiliki makna meskipun kamu merasa hidupmu sudah hancur karena kehilangan seseorang yang kamu cintai.

Namun, percayalah bahwa masih ada harapan untuk bangkit dan memulai kehidupan baru yang lebih baik. Selain itu, jangan pernah merasa sendiri sebab tanpa disadari ada orang lain yang ingin mencoba membantumu ‘memperbaiki’ masa-masa sulit yang sedang kamu alami.

Lagu “Fix You” ditulis oleh member Coldplay sendiri yakni Chris Martin. Dikabarkan lagu ini terinspirasi dari pengalaman pribadi yang dialami olehnya. Terkait dengan istri Chris Martin pada saat itu, Gwyneth Paltrow, dan perjuangan ayahnya melawan kanker.

Saat lagu ini ditulis, Bruce Paltrow (ayah Gwyneth Paltrow) meninggal dunia. Bergulat dengan kesedihan dan kehilangan yang mengelilinginya, lagu ini mencerminkan keinginan Martin untuk mendukung dan menghibur seseorang yang mengalami masa sulit.

Dalam sebuah wawancara, Chris Martin menyebutkan bahwa lirik dalam lagu “Fix You” ditulis dengan tujuan agar dapat memberi harapan dan menyembuhkan luka.

Lights will guide you home and ignite your bones

(Cahaya akan mengantarmu pulang dan menyulut belulangmu)

Lirik tersebut adalah representasi untuk menemukan jalan kembali dari kegelapan dan rasa sakit melalui dukungan dan cinta seseorang.

Ahn Viet, salah satu pendengar lagu “Fix You” meninggalkan komentarnya di video musik resmi lagu ini.

Whenever I’m sad, I listen to bunch of depressing songs but always end up putting this song on loop. At the end, this song gives me hope to carry on. Thanks Coldplay for this masterpiece.” (Setiap kali aku merasa sedih, aku mendengarkan banyak lagu yang menyedihkan, tapi selalu berakhir dengan memutar lagu ini terus-menerus. Lagu ini memberikanku harapan untuk terus berjalan. Terima kasih Coldplay untuk karya yang luar biasa ini).

Meski kisah di balik lagu “Fix You” ialah seputar pengalaman pribadi oleh penulisnya, lagu ini sangat dicintai oleh pendengar di seluruh dunia. “Fix You” telah menyentuh hati banyak orang dengan irama musik dan lirik yang menenangkan. Maka dari itu, lagu ini bisa jadi pilihan saat kamu merasa sedih ataupun berada di masa yang sulit.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment