Hits: 31

Alya Rizky Fitriani / Reporter Pijar

Pijar, Medan. Euforia piala dunia telah melengkapi akhir tahun 2022. Ajang yang diselenggarakan selama empat tahun sekali tersebut diakhiri dengan pertandingan final perebutan juara ketiga antara Kroasia melawan Maroko pada 17 Desember 2022 dilanjutkan dengan penentuan juara pertama antara Prancis dan Argentina keesokan harinya.

Sebelum laga final dibuka, acara dimulai dengan upacara penutupan Piala Dunia 2022 Qatar. Diramaikan oleh Davido dan Aisha yang membawakan lagu resmi Piala Dunia berjudul “Hayya Hayya (Better Together)”. Nora Fatehi bersama RedOne, Manal Balqees, dan Rahma Riad juga turut memeriahkan penutupan pertandingan sepak bola ini dengan menyanyikan musik resmi dari Piala Dunia 2022 lainnya yang berjudul “Light the Sky”.

Sehari sebelumnya, gelar juara 3 Piala Dunia 2022 berhasil diamankan oleh Kroasia dengan kemenangan 2-1 atas Maroko. Di sisi lain, final antara Prancis dan Argentina berlangsung dramatis. Argentina memimpin dengan skor 2-0 di babak pertama, tamun Prancis berhasil membalikkan keadaan sehingga skor menjadi imbang 3-3. Sebanyak dua gol dicetak oleh Lionel Messi dan satu gol oleh Di María untuk Argentina, sedangkan 3 gol Prancis dicetak oleh Kylian Mbappé seorang.

Durasi pertandingan yang mencapai lebih dari 120 menit itu harus diakhiri dengan adu penalti. Titel juara duniapun berhasil diraih Argentina usai unggul 4-2 dari Prancis. Kemenangan Argentina atas Prancis ini menjadikan kemenangan Argentina ketiga kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia, yang sekaligus menjadi aksi terakhir Messi di ajang bergengsi itu.

Piala Dunia - mediapijar.com
Euforia yang terjadi di Argentina setelah berhasil mengalahkan Prancis pada Final World Cup 2022
(Sumber Foto: Twitter @gastypm)

Dilansir dari amp.marca.com, Messi mengatakan laga final tersebut merupakan Piala Dunia terakhirnya. Meski masih aktif bermain di timnas Argentina, ia tidak yakin dapat tampil lagi di Piala Dunia 2026. Tak hanya Messi, sederet pemain top dunia juga menyatakan akan pensiun dari Piala Dunia, di antaranya Luis Suarez, Cristiano Ronaldo, dan Neymar Jr.

Acara ditutup dengan penyerahan penghargaan individu bagi para pemain dengan performa terbaik selama Piala Dunia 2022. Enzo Fernandez dinobatkan sebagai pemain muda terbaik (FIFA young player award), Emiliano Martinez sebagai kiper terbaik (golden glove), Kylian Mbappé sebagai pencetak gol terbanyak selama Piala Dunia 2022 (golden boot), dan Lionel Messi sebagai pemain terbaik (golden ball). Tiga diantaranya berasal dari timnas Argentina, membuat Argentina seakan kebanjiran piala pada malam itu.

Penobatan dilanjutkan dengan penyerahan medali kepada Prancis selaku runner up dan diakhiri dengan penyerahan medali serta trofi Piala Dunia 2022 kepada Argentina. Penghargaan diserahkan oleh Emir Qatar, Mohammed bin Thani dan Presiden FIFA, Gianni Infantino kepada Messi, kapten La Albiceleste.

Menangnya Argentina disambut perayaan dan antusiasme penggemar di seluruh dunia, khususnya di negara Argentina sendiri. Ribuan masyarakat turut ke jalan dan berkumpul di monumen Obelisk, Buenos Aires untuk menyambut parade para pemain timnas Argentina. Wajar saja, Argentina belum berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia sejak 1986. Bahkan, pemerintah menetapkan satu hari libur nasional pada 20 Desember 2022 untuk merayakan kemenangan mereka.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment