Hits: 200

Indah Mawarni / Sinta Siregar

Pijar, Medan. Karaktera.co.id telah selesai menyelenggarakan webinar yang bertajuk “Boost Your Productivity” pada Selasa (18/102022) pukul 19.00 WIB melalui Zoom. Webinar ini diadakan dengan tujuan mengajak anak-anak muda untuk meningkatkan produktivitas dengan cara yang asik dan efektif.

Karaktera.co.id adalah layanan pengembangan karakter untuk menggali karakter dan pilihan masa depan pelajar. Selain menyelenggarakan webinar, Karaktera.co.id juga menyediakan video e-learning, e-book, dan tes karakter.

Webinar kali ini menghadirkan Tifany Eugene, S.Psi., M.A., CBC yang merupakan Character Consultant of Karaktera sebagai pembicaranya.

“Secara psikologi, kenapa sih orang sering menunda aktivitas? Aku kasih tahu, ya. Ternyata, penyebabnya adalah mood atau emosi yang mau kita hindari dalam melakukan kegiatan tersebut,” tutur Tifany Eugene sebagai pembicara.

Tifany menjelaskan bahwa procastination (penundaan) merupakan rasa senang yang tidak ada dampak baiknya seperti scroll sosial media berlarut-larut sampai lupa waktu. Hal ini salah satu faktor penghambat produktivitas. Procastination ini bisa diatasi dengan mengatur skala prioritas dengan memasukan kegiatan dalam 4 kuadran, yaitu do sebagai kuadran pertama memiliki makna untuk melakukan tugas Anda secara langsung tanpa ditunda, “tasks you will do immediatelly.” Kuadran ini tergolong dalam tugas yang penting dan mendesak.

Pemaparan materi terkait 4 quandran prioritas.
(Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi Sinta Siregar)

Selanjutnya, kuadran kedua adalah schedule yang memiliki makna tugas Anda dijadwalkan dilakukan nanti, “tasks you will schedule to do later.” Kuadran ini tergolong dalam tugas yang penting tetapi tidak mendesak.

Kuadran ketiga yaitu delegate, memiliki makna tugas yang akan Anda delegasikan kepada orang lain, “tasks you will delegates to someone else.” Kuadran ini tergolong dalam tugas mendesak, tetapi tidak terlalu penting. Yang terakhir adalah kuadran eliminate yang memiliki makna tugas yang akan Anda hilangkan, “tasks that you will eliminate.” Kuadran ini tergolong dalam tugas yang tidak penting dan tidak mendesak.

Webinar yang dihadiri lebih dari 92 peserta ini juga menyertakan sesi tanya jawab. Ristria, salah satu peserta webinar mengatakan materi yang kak Tifany jelaskan sangat membantunya dalam mengatasi produktivitasnya yang menurun.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment