Hits: 16

Rais Sihombing

Pijar, Medan. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Sumatera Utara (HIPMI PT USU) mengadakan acara Creative Hub berupa Talkshow Entrepreneurship & Investment. Kegiatan berlangsung pada Minggu (18/9/22) di Kopi Kuni Jl. Rejeki No.3 Sei Sikambing, Medan. Berkolaborasi dengan PT. Karya Kuni Indonesia dan IDX Sumatera Utara, acara ini diadakan sebagai salah satu agenda akhir open recruitment yang diadakan oleh HIPMI PT USU.

Mengangkat tema “Mahasiswa Berwirausaha dan Investasi”, talkshow ini mengundang tiga narasumber, yaitu Insanul Fahmi selaku Direktur PT Karya Kuni Indonesia, Ferdinand Sihombing yang merupakan Senior Trainer IDX Sumatera Utara, dan Fajar Pratama selaku Ketua Umum HIPMI PT USU.

Pemaparan Materi oleh Insanul Fahmi, Direktur Utama PT Karya Kuni Indonesia.
( Fotografer: Rais Sihombing)

“Tema acara yang diangkat bertujuan untuk memberikan ruang dan tips kepada wirausahawan pemula bahwa walaupun masih memiliki income yang rendah, pendapatan itu bisa tetap dikolaborasikan dengan investasi,” tutur Fajar.

Kedua pemateri lain juga memberikan berbagai tips yang mereka dapat melalui pengalaman yang telah mereka lewati. Insanul Fahmi, salah satu pemateri, menjelaskan bahwa bisnis ada untuk menyelesaikan masalah. “Untuk memulai bisnis, kita membutuhkan ide yang berakar dari permasalahan yang ada disekitar kita. Setelah itu kita men-convert masalah menjadi solusi,” ucapnya.

Ia juga berbagi tips untuk pengusaha pemula dalam ekspansi bisnis, yaitu memanfaatkan aset yang sudah tersedia dan pandai untuk meminimalisir resiko.

Begitu juga dengan Ferdinand Sihombing yang berbagi tips dalam berinvestasi yang baik. “Sebaiknya kita penuhi terlebih dahulu kebutuhan pokok baru berinvestasi. Setelah itu kita harus pelajari lebih lanjut investasi yang diikuti, jangan ngasal!” tegasnya.

Lebih lanjut, Ferdinand menekankan untuk memilih investasi yang benar, karena tidak ada keuntungan yang instan.

Febriyani Purba, salah satu anggota HIPMI PT USU yang menjadi peserta acara, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan talkshow ini berlangsung dengan sangat baik dan bermanfaat baginya, karena banyak ilmu dan pengalaman yang bisa didapat.

“Harapannya, semoga HIPMI PT USU dapat memberikan pengaruh yang baik bagi generasi muda di luar sana, serta mampu memberikan manfaat yang lebih baik terkhusus untuk anggota HIPMI PT USU dalam berwirausaha juga berinvestasi ke depannya,” pesannya.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada kedua pemateri, serta sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh peserta acara.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment