Zain Fathurrahman

Pijar, Medan. Kota Medan kehadiran satu lagi coffee shop yang dapat menambah pilihan spot nongkrong bagi masyarakat, terlebih khalayak muda. Hardapana namanya, sebuah coffee shop berkonsep kontemporer yang baru mengadakan soft openingnya pada Rabu (1/9/2021).

“Hardapana memiliki arti ‘keinginan yang jelas’, menggambarkan sikap dari si pemilik yang bulat ingin membuka usaha di bidang kopi,” terang Gio, selaku Manager Operation dari Hardapana. Coffee shop ini terletak di Jalan Karya Tani No. 6, Medan Johor. Berjarak beberapa menit dari Asrama Haji Kota Medan.

Dengan konsep kontemporernya, bagian dalam dari kedai kopi ini tampak lapang disertai desain minimalis yang terlihat rapi. Keterbukaan ruang ditambah pintu kaca transparan yang dominan memberikan pencahayaan natural pada bagian dalam ruangan. Ketersediaan kursi dan meja pun terlihat cukup memadai dengan proporsi meja yang lebih banyak pada bagian outdoor.

Suasana outdoor dari Hardapana juga terlihat simpel dengan lampu taman yang berada di bawah. Beberapa pohon kecil serta sebuah kolam kecil memberikan rasa tenang bagi orang-orang yang ada di sekitarnya.

Pada bagian indoor dilengkapi dengan AC yang membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan betah untuk duduk bersantai. Terdapat beberapa fasilitas tambahan seperti penyediaan wifi yang dapat dijangkau bagi pengunjung baik yang berada di indoor maupun outdoor. Selain itu, disediakan juga ruang musala khusus untuk umat Muslim agar tetap dapat bersantai, namun tidak melupakan kewajibannya untuk beribadah.

Suasana nongkrong di bagian Indoor Hardapana. (Fotografer: Zain Fathurrahman)

Meski baru menjalani tahap soft opening, antusiasme yang diperlihatkan oleh masyarakat Kota Medan terhadap Hardapana terlihat cukup besar. Terbukti dari banyaknya orang yang berkunjung dan bersantai ria bahkan pada weekdays. Mayoritas pengunjung merupakan khalayak muda yang datang untuk mengobrol, nongkrong, atau hanya sekadar menikmati secangkir kopi untuk menghilangkan rasa penat yang ada.

Dibuka pada masa pandemi, Hardapana mencoba untuk memanfaatkan pengetahuan yang sudah ada mengenai protokol kesehatan untuk memastikan bahwa pengunjung yang datang tetap bisa bersantai dengan aman serta taat peraturan.

Beberapa langkah yang dilakukan oleh Hardapana untuk tetap menjaga protokol kesehatan adalah dengan mengutamakan pemesanan secara take away dan menyamakan harga menu yang dibeli langsung dengan yang dibeli secara online. “Biarlah kami yang menanggung, kami ingin orang-orang dapat tetap menikmati kopi kami meski dari rumah,” ujar Gio. Kontak fisik juga seminimal mungkin dilakukan dengan menggunakan alat calling system sehingga pengunjung mengambil sendiri pesanan mereka ke meja bartender dengan sistem self service.

Harga menu yang tersedia di Hardapana berkisar antara 20-25 ribuan saja. Menu minuman kopi, di antaranya Sanger, Coffee Beer, Long Black, dan Charcoal. Sedangkan menu minuman non-kopi tersedia Chocolate, Taro, Matcha, dan Red Velvet. Tersedia pula menu makanan ringan, seperti Mix Platter, Drum Wings, dan Risol. Untuk saat ini, Hardapana belum menjual menu makanan berat mengingat keadaan pandemi. “Untuk menu best seller sejauh ini tetap kopi susu, sih,” ujar Gio.

Hardapana buka setiap hari, mulai pukul 10 pagi hingga pukul 8 malam. Namun saat akhir pekan, kedai kopi ini buka hingga pukul 9 malam.

Desain instagrammable serta fasilitas yang cukup lengkap dapat menjadi pilihan bagi Sobat Pijar yang sedang mencari tempat nongkrong baru yang nyaman juga terjangkau. Jadi, tunggu apalagi Sobat Pijar?

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment