Muryanto Amin Resmi Dilantik, Telah Hadir Rektor Pertama dari FISIP USU

Sumber foto : USU.ac.id

Jenni Sihombing

Pijar, Medan. Rektor Universitas Sumatra Utara (USU) terpilih, Muryanto Amin resmi dilantik hari ini (28/1), pukul 14.00 WIB di Jakarta. Pelantikan dilakukan di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sosok yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini akan menjabat selama lima tahun hingga 2026 mendatang.

Sebelumnya, dalam hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilakukan MWA USU, Muryanto memperoleh 18 suara (57,75%) dengan mengungguli pesaingnya yakni Farhat dengan memperoleh 11 suara (35,75%) dan Muhammad Arif 2 suara (6,5%). Meskipun sebagai calon rektor termuda, ia berhasil menumbangkan dua pesaingnya yang dua-duanya bergelar profesor. Kemenangan ini pun menjadikannya sebagai rektor ke-16 USU menggantikan Runtung Sitepu dan ia merupakan yang pertama dari FISIP.

Meski sempat berkecamuk terkait isu kasus self-plagiarism, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan beliau tidak terbukti melakukan tindakan pelanggaran tersebut. Hal ini diungkapkan salah satu sumber dari Majelis Wali Amanat (MWA) USU, Hasim Purba seperti yang dikutip dari iNews.id. “Sebelum menyimpulkan tidak bersalah, Kemendikbud telah membuat tim yang terdiri dari akademisi, profesional dan dari kalangan Kemendikbud sendiri. Nama baiknya juga wajib direhabilitasi, agar benar-benar bersih dari berbagai macam tuduhan,” ujar Hasim

Muryanto, sosok kelahiran 30 September 1974 ini merupakan alumni dari program studi Administrasi Negara FISIP USU. Rekam jejak pria yang akrab disapa Bang Mur di FISIP inipun terbilang melejit. Bermula sebagai asisten dosen, ia kemudian melanjutkan pendidikan dari Magister hingga Doktor di Universitas Indonesia dan kembali mengajar sebagai dosen tetap di FISIP USU.

Saat pelantikan, Muryanto berharap agar nantinya mampu mengadaptasi teknologi dan mampu memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh Universitas Sumatera Utara. “Seluruh sumber daya yang dimiliki USU harus sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal untuk memperbaiki sektor-sektor yang belum tersentuh dan juga menyempurnakan pekerjaan-pekerjaan yang sudah dimulai di masa kepemimpinan rektor sebelumnya. Selain itu, USU juga akan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah maupun pihak-pihak terkait,” ucapnya.

Ucapan selamat dan asa baru pun saat ini bermunculan terhadap salah satu rektor termuda dari USU ini. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam, mengucapkan selamat sekaligus berharap semoga kehadiran Muryanto mampu membawa USU ke arah yang lebih baik lagi. “Kita sangat berharap rektor baru ini bisa memimpin institusinya lebih baik lagi kedepannya,” ucap Nizam saat konferensi pers secara daring.

Selain dari Kemendikbud, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU sekaligus Ketua Aspikom Korwil Sumut, Dewi Kurniawati pun turut menyampaikan selamat terhadap terpilihnya Muryanto Amin. “Yang pasti, saya mewakili dari program studi ilmu komunikasi mengucapkan selamat atas terpilihnya beliau. Saya yakin, beliau mampu membawa USU ke arah yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Ia juga berharap, kehadiran Muryanto sebagai salah satu rektor muda di USU pun mampu memberikan gebrakan baru, baik lokal maupun internasional. “Pastinya semoga nanti USU mampu bersaing sebagai kampus terbaik di Indonesia, ataupun di Asia Tenggara, bahkan di global sekalipun.

Sebagai catatan, untuk tahun sebelumnya, USU masuk dalam peringkat 501-550 dalam pemeringkatan QS Asia University Ranking. Pemeringkatan Webometrics di Januari 2020 juga menyebutkan USU berada di peringkat 1.871 dunia dan peringkat 8 di Indonesia.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *