Kepemimpinan Bermulai dari Diriku Sendiri bersama Leadership Out Loud 2020

Sumber Foto: instagram.com/lolkomunikasi2020

Laura Nadapdap / Cut Tasya Salsabila

Pijar, Medan. Menjadi seorang pemimpin kerap dinilai sulit oleh banyak orang. Banyak yang belum mengenali potensi dirinya dan kurang percaya diri untuk memimpin. Untuk itu, divisi Pengembangan Organisasi Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (DPO IMAJINASI) mengadakan webinar berkonsep seminar pelatihan tentang kepemimpinan dan pengembangan diri, Leadership Out Loud (LOL). Kegiatan yang mengusung tema “Leadership Is Start From You” ini sukses dilaksanakan pada hari Sabtu (28/11) pukul 13.30 WIB melalui platform Zoom meeting.

Ini merupakan kali kedua LOL diselenggarakan, setelah tahun lalu adalah debut perdananya. Berbeda dengan konsep sebelumnya, LOL tahun ini diadakan secara virtual. Meski demikian, tidak mengurangi kemeriahan dan esensi dari acara tersebut.

Peserta yang mengikuti webinar ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP USU stambuk 2019 dan 2020. Tak hanya itu, mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya yang tergabung dalam HIMANIKA turut hadir dan memeriahkan kegiatan ini.

Acara yang dipandu oleh Trifosa Sembiring ini mengundang dua pemateri yang menguasai bidangnya yaitu Ni’matul Hakiki Vebri Awan, seorang Presiden Mahasiswa KM Unsri dan Hilfani Shaliha yang merupakan Ketua IMAJINASI periode 2016-2017.

Ni’matul membawakan materi paradigma kepemimpinan itu sendiri. Ia mengungkapkan kepemimpinan itu bukan semata-mata soal kekuasaan, melainkan bagaimana pemimpin dapat menyelesaikan permasalahan sekitarnya. Saat ini kita sedang dilanda krisis kepemimpinan, di mana tidak dapat melihat dan menyadari permasalahan yang ada baik pada anggotanya, maupun di sekitarnya. Hal yang menghalangi kita untuk menyelesaikannya ialah rasa ketakutan dan ketidakpercayaan diri pada kita untuk melakukannya.

(FOTO PENDUKUNG) Sumber Foto: dokumentasi pribadi

Di sisi lain, Hilfani mengungkapkan untuk menjadi pemimpin kita harus menggali potensi yang ada pada diri kita, tentukan tujuan, yakin, semangat, dan konsisten. “Kalau bukan kita sendiri yang yakin dengan diri kita, siapa lagi?” ungkapnya.

Pemimpin yang baik dapat dilihat dari bagaimana tindakannya itu dapat memberi dampak bagi sekitarnya. Selain itu, seorang pemimpin mampu menempatkan kapan menjadi pengambil keputusan dan kapan menjadi pendengar bagi anggota-anggotanya.

Di sela penyampaian materi, peserta dihibur dengan rangkaian ice breaking dan games yang dibawakan oleh Jonathan Alexander. Bukan sekadar games biasa, peserta yang berhasil menjawab diberi hadiah berupa kuota internet oleh By.U selaku sponsor.

Pengenalan organisasi di bawah naungan IMAJINASI turut memeriahkan acara LOL ini. Fokus, Prasta, dan SIKU menghadirkan perwakilannya untuk mensosialisasikannya kepada peserta, terkhusus mahasiswa baru stambuk 2020.

Webinar LOL ini telah mengajak seluruh peserta agar mengenali potensi diri dan sadar bahwa kepemimpinan itu berawal dari diri sendiri. Harus berani memulai, terus belajar, dan konsisten sampai momentum kesuksesan kita tiba.

“Kita adalah apa yang kita pikirkan. Jika kita pikir kita bisa melakukan sesuatu, InsyaAllah kita akan bisa,” pesan Hilfani di tengah materinya.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *