Hits: 5

Nadya Htg

Pijar, Medan. Dalam rangka menguatkan Kelembagaan Inkubator Bisnis dan Teknologi, Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (2/11) di Ruang Senat Akademik Biro Rektor USU. Dalam agenda ini, tampak hadir rektor USU, jajaran wakil rektor USU, perwakilan RISTEKDIKTI, Ketua Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, undangan dari kalangan akademisi dan birokrasi, serta stakeholder internal dan eksternal USU.

Dalam sambutannya, rektor USU, Runtung Sitepu menyampaikan apresiasinya kepada CIKAL USU atas kerja keras dan kinerja yang luar biasa selama ini, sampai dengan mengadakan agenda FGD di hari ini. “Kami sangat mendorong segala kegiatan yang diadakan oleh CIKAL USU untuk menciptakan semangat kepada civitas akademika USU, dalam melahirkan kekayaan intelektual yang semakin meningkat,” ujar Runtung Sitepu.

Mewakili RISTEKDIKTI, Totok Hari Wibowo mengungkapkan pelaksanaan agenda ini sangat penting, mengingat saat ini Pusat Inkubator telah menjadi alat yang mampu menjembatani dua komunitas yakni pengetahuan dan industri. “Untuk itu kesamaan pemahaman sangat diperlukan. Perlu ada polesan agar produk-produk inkubator yang dihasilkan bisa bersaing di pasar yang kian ketat,” ucap Totok Hari Wibowo.

Bertindak sebagai pemateri, Ketua Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, Ritha F Dalimunthe memaparkan beberapa hal seperti penjelasan sekilas mengenai Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, Standar Operasional Prosedur Kegiatan Inkubasi Terhadap Tenant Inkubator, serta permasalahan yang dihadapi dan usulan penyediaan fasilitas.

Peserta menyimak pemaparan materi oleh ketua Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, Rhita F Dalimunthe.  di ruang Senat Akademik USU (2/11). (Fotografer: Mutia Rahma)
Peserta menyimak pemaparan materi oleh ketua Pusat Inkubator dan Bisnis CIKAL USU, Rhita F Dalimunthe. di ruang Senat Akademik USU (2/11).
(Fotografer: Mutia Rahma)

Ritha juga berharap, sebagai lembaga inkubasi bisnis yang dapat melahirkan Start Up dengan keunggulan dan inovasi, CIKAL USU mendapatkan dukungan pelaksanaan dari para Stakeholder, baik yang berasal dari Internal dan eksternal USU.

Selanjutnya pihak USU, pihak CIKAL USU, seluruh peserta dan tamu undangan tampak antusias melakukan diskusi. Terlihat dari tanggapan, pernyataan dan pertanyaan yang dilontarkan saat mendapat kesempatan oleh moderator, Roni Gunawan.

Untuk diketahui, tujuan FGD ini antara lain menjelaskan fungsi Pusat Inkubator Bisnis Teknologi CIKAL USU sebagai lembaga Inkubasi Bisnis Teknologi, memperkuat posisi CIKAL USU sebagai lembaga yang Inkubasi Bisnis Teknologi, memperoleh dukungn dari para Stakeholder terkait dengan pelaksanaan kegiatan inkubasi yang diberikan kepada Tenant yang terkait dengan bidang masing-masing, dan menghasilkan roadmap kerja sama bagi penguatan Inkubator.

Leave a comment