Cactus Company

Permasalahan sampah bukan lagi hal baru yang patut diperbincangkan. Sampah sepertinya sudah menjadi momok menakutkan bagi kelestarian lingkungan. Dampak yang ditimbulkan dari sampah juga bermacam-macam. Mulai dari pencemaran lingkungan, banjir, hingga mengganggu keseimbangan ekosistem. Sampah-sampah tersebut berasal dari berbagai tempat seperti, sampah rumah tangga, limbah pabrik/industri, maupun sampah yang berasal dari hewan.

Di kota Medan sendiri permasalahan sampah juga menjadi masalah yang cukup serius. Mengutip dari Republika.co.id, sampah yang dihasilkan masyarakat Kota Medan, baik sampah rumah tangga, industri, maupun sampah pelaku usaha rata-rata mencapai 1.725 ton.

Melihat hal ini Cactus Company Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), berinisiatif mengadakan kampanye tentang sampah. Kampanye bertajuk “Kau Buang Kemana Sampahmu?!” diadakan pada tanggal 21-22 Oktober 2017 di Taman Ahmad Yani, Medan.  Berdasarkan survey yang sudah dilakukan oleh tim Cactus, kebersihan Taman Ahmad Yani bisa dibilang masih kurang. Masih banyak ditemukan sampah berserakan di sepanjang taman terkhusus saat menjelang sore di hari weekend. Meskipun sudah tersedia banyak tempat sampah di setiap sudut taman namun kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang.

Cactus Company merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Public Relations Campaign. Dalam kampanye ini Cactus Company bekerja sama dengan Medan Osoji Club (MOC). MOC merupakan komunitas relawan dari berbagai profesi dan usia yang bertekad untuk mengangkut sampah yang dibuang sembarangan di Kota Medan.

Melalui kampanye ini diharapkan masyarakat menjadi sadar akan kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sampah bukan warisan anak cucu kita, maka dari itu, mari buang sampah pada tempatnya!

Leave a comment