Hits: 5

Annisa Nahda

Pijar, Medan. Sabtu (29/04), Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Al-Ishlah kembali mengadakan Al-Ishlah Fair 2 yang sudah menjadi rutinitas sejak tahun lalu. Try Out sendiri merupakan acara penutup dari dua rangkaian acara lainnya seperti Essay Nasional dan juga Isra Mi’raj. Acara yang terselenggara di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU ini dimulai dari pukul 08.00 WIB – selesai. Adapun tujuan diadakannya Try Out ini ialah untuk memfasilitasi para siswa-siswi yang akan menghadapi ujian SBMPTN mendatang. Peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 300 orang dan berasal dari berbagai daerah.

“Kendala untuk Try Out SBMPTN ini kita sedikit kesulitan dalam mencari peserta apalagi masalah publikasinya yang mengharuskan kami mengunjungi sekolah yang ada di Medan. Pada H-5 peserta yang daftar hanya 120 orang dan itu sangat jauh dari target awal yaitu 400 orang. Alhamdulillah nya peserta berhasil terkumpul sebanyak 300 orang. Kurangnya peminat lomba-lomba tertentu yang kami selenggarakan mengharuskan kami mengurangi rangkaian acara pada tahun ini,” ujar Ilham Ramadhan selaku ketua panitia acara.

Adapun fasilitas yang disediakan berupa soal, kunci dan pembahasan terlengkap berdasarkan soal Real SBMPTN di tahun sebelumnya, pemeriksaan langsung di hari H, Informasi kiat sukses SBMPTN, ruangan Full ac, Doorprize dan Snack. Panitia juga memberikan apresiasi  kepada para pemenang seperti Juara 1 mendapatkan Uang, Trophy dan sertifikat. Sedangkan untuk juara 2 dan 3 mendapatkan uang dan sertifikat untuk semua kategori baik IPA maupun IPS. Perbedaan dari Try Out ini dengan Try Out lainnya ialah terdapat pada nuansanya, dimana nuansa keislaman terasa dari awal hingga akhir acara. Seperti pembukaan yang dimulai dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur’an dan pembacaan doa.

Antusias peserta mengikuti try out SBMPTN 2017 yang diadakan oleh UKMI Al-Ishlah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Sabtu (29/04).
Antusias peserta mengikuti try out SBMPTN 2017 yang diadakan oleh UKMI Al-Ishlah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Sabtu (29/04).

Maulana Arya Nasution dan Ade Ibrahim Agribi yang merupakan peserta  mengungkapan rasa terimakasih atas diselenggarakannya acara ini karena dengan mengikuti Try Out SBMPTN bisa memberikan banyak manfaat seperti menambah wawasan, mengetahui bagaimana soal SBMPTN dan juga tahu apa yang perlu dipelajari untuk menghadapi SBMPTN yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017. Mereka berharap semoga kegiatan ini terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya.

“Saya berharap adik-adik yang mengikuti Try Out SBMPTN ini bisa dan mampu untuk lulus di Universitas yang mereka inginkan dan semoga panitia selanjutnya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya,” tutur Ilham Ramadhan.

Leave a comment