Reza Andika Putra

Pijar, Medan. Radio dan televisi merupakan sumber untuk mendapatkan informasi yang up to date. Terkadang kita terlambat mendapat informasi karena waktu penyampaian informasi sudah habis dan akhirnya sama sekali tidak mendapatkan informasi tersebut. Namun berkat Internet, Informasi yang terlewati ketika menonton televisi bisa diakses di dunia maya.

Pengguna Internet pastinya mengenal istilah Streaming terutama bagi yang sering menonton Youtube ataupun situs film streaming, walaupun istilah ini juga terdapat pada televisi yaitu Live Streaming.  Streaming merupakan proses mentransfer data dari server ke host dimana data tersebut harus di sampaikan secara langsung. Data Streaming berupa video ataupun audio.

Youtube salah satunya, Youtube merupakan situs berbagi video yang dibuat di tahun 2005. Situs ini memungkinkan pengguna untuk menonton, mengakses dan mengunggah video. Konten Youtube sendiri itu beragam karena bergantung pada masing-masing pengguna. Pengguna Internet dapat mengakses informasi yang terlewat. Selain itu, mereka dapat mengakses konten yang dibuat oleh penggungah Youtube atau sering disebut Youtuber. Berbagai konten seperti Komedi, Drama, Musik bisa diakses sepuasnya oleh penjelajah dunia maya.

Selain Youtube, Spotify dan JOOX berperan juga dalam memajukan teknologi streaming ini. Spotify dan JOOX merupakan layanan musik streaming yang sekarang sudah banyak digunakan masyarakat. Kedua layanan musik streaming ini menyediakan berbagai macam lagu original yang langsung dapat didengar dengan mengunduh aplikasi tersebut. Namun layanan streaming musik ini mendapat kecaman sendiri dari beberapa seniman musik.

Bahkan ada situs yang memungkinkan pengguna internet dapat mengakses siaran televisi. Situs seperti dokitv.com, Mivo, tvonline.id dapat memudahkan pengguna mengakses siaran televisi. Dan juga layanan streaming resmi televisi seperti RCTI dapat juga diakses dari internet lewat situs RCTI sendiri.

Meskipun layanan streaming ini praktis dan memudahkan pengguna internet untuk mencari hiburan di dunia maya, tetap saja ada kekurangan dari layanan ini. Untuk pengguna yang mengakses internet dengan layanan kuota dari operator pasti rugi karena layanan streaming ini memakan kuota sangat besar. Bahkan akses salah satu video Youtube dengan durasi tiga menit dan resolusi 360p dapat memakan kuota hingga 20-30 megabyte.

Selain masalah kuota, layanan streaming juga mengurangi pasar televisi non-streaming. Karena informasi yang dapat diakses di internet, dapat kehilangan rating karena para penonton memilih yang praktis dengan menonton di situs seperti Youtube atau situs streaming televisi.

Manusia selalu mencari sesuatu yang praktis untuk memudahkan dirinya memenuhi kebutuhannya sendiri. Maka dari itu lahir berbagai macam teknologi yang membantu manusia untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Streaming sendiri merupakan bagian dari teknologi tersebut. Streaming menjadi teknologi yang semakin penting seiring dengan perkembangan internet di tengah masyarakat dunia.

Leave a comment