Hits: 54

Viona Matullessya

          Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan,
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari

Bagi sebagian orang, mungkin peran seorang ayah terlihat tidak lebih berharga dari peran seorang ibu. Namun, dalam lagu yang berjudul “Titip Rindu Buat Ayah”, dalam album yang bertajuk Camellia 4 yang dirilis tahun 1980 musisi legendaris Indonesia, Ebiet G. Ade  mengumandangkan betapa berat perjuangan seorang ayah untuk anak-anaknya.

Lagu ini bercerita tentang kerinduan seorang anak yang begitu mengagumi sosok ayah. Ayah adalah seorang yang kuat dan tegar, meski harus memikul beban keluarga yang berat.

Tapi kerinduan hanya tinggal kerinduan,

Anakmu sekarang banyak menanggung beban

Kerinduan yang mendalam itu hanyalah tinggal kerinduan yang tiada berarti, karena yang tersisa hanyalah tinggal kenangan yang membekas dari sang ayah. Kini tanggung jawab berat sang ayah harus dipegang oleh sang anak, dia bisa merasakan bagaimana beratnya perjuangan sang ayah saat beban itu kini ia pikul. Mungkin sosoknya terlihat tidak begitu memperhatikan kita sebaik ibu, namun kita tidak tahu apa yang ayah hadapi di luar sana untuk dapat mencukupi kebutuhan kita.

Meski termasuk lagu lawas, namun tidak jarang lagu ini masih diperdengarkan dimasa kini. Ayah empat orang anak ini, berhasil mengantarkan setiap orang yang mendengarnya terkenang akan ayah yang terkadang luput dari perhatian seorang anak. Dengan pemilihan kata puitis dan penggunaan majas yang tepat, Ebiet G. Ade berhasil mengantarkan lagu ini menjadi lagu sepanjang masa.

Leave a comment