Hits: 61

Ayu Nabila Putri

Pijar, Medan. Lembaga Pengabdian/Pelayanan kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) dan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP USU melaksanakan kegiatan pelatihan public speaking dalam Peningkatan Kompetensi Komunikasi siswa di SMA Al-Washliyah 1 Medan pada Sabtu (9/9/23).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban bagi dosen, salah satunya adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Diketuai oleh Fatma Wardy Lubis bersama dengan dosen Prodi Ilmu Komunikasi yaitu Moulita dan Munzaimah Masril, dosen Fakultas Psikologi Raras Sutatminingsih, beserta beberapa mahasiswa dan alumni Prodi Ilmu Komunikasi.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yang terdiri atas dua rangkaian acara yaitu pemaparan materi dan lomba. Materi yang diangkat berupa “The Power of Public Speaking”, “Body Language”, “MC dan Pidato”. Pelatihan public speaking ini juga dihadiri oleh Kepala SMA Al-Washliyah 1 Medan, staf dewan guru, serta 60 siswa yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut.

Dalam penyampaian materinya, Fatma Wardy Lubis mengatakan bahwa komunikasi merupakan aspek penting yang paling dicari dalam dunia pekerjaan. “Komunikasi merupakan hal penting dan paling dicari dalam dunia pekerjaan, sehingga saat ini skill public speaking perlu untuk dikuasai,” jelasnya.

Ketua Tim LPPM-USU, Fatma Wardy Lubis sedang membawakan materi bertajuk “The Power of Public Speaking”
(Sumber Foto: Dokumentasi Panitia LPPM-USU)

Pemaparan materi diakhiri oleh penjelasan dari Shevilla Mayori mengenai pentingnya bahasa tubuh saat berbicara atau tampil di depan umum. “Memperhatikan bahasa tubuh sangatlah penting. Bahkan kita tidak bisa asal menunjuk seseorang menggunakan jari telunjuk, karena akan menimbulkan kesan yang kurang sopan. Ada baiknya menggunakan jari jempol atau keseluruhan telapak tangan,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan yang melibatkan siswa SMA Al-Wasliyah 1 Medan. Para siswa menampilkan bakat public speaking-nya melalui penyampaian pidato, MC, dan review.

“Menurut saya acara yang dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara ini melalui pelatihan public speaking sangat bagus bagi kami, terutama bagi siswa-siswi yang ingin melatih keberanian mental dalam berbicara di depan umum,” ucap Abdul Bakri Zuldani yang merupakan salah satu peserta saat ditanya mengenai kesan dan pesannya pada kegiatan tersebut.

Pada hari kedua, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba penyerahan cinderamata dari pihak panitia kepada pihak sekolah dan siswa sekaligus foto bersama. Perlombaan tesebut dimenangkan oleh Abdul Bakri Zuldani sebagai juara pertama, Nabila Intan Naszua sebagai juara kedua, dan Mareska Nurafni sebagai juara ketiga.

Fatma Wardy Lubis berharap pelatihan public speaking tersebut dapat membantu mereka sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapannya adalah kita hendak membagi ilmu khususnya di bidang ilmu komunikasi kepada anak-anak SMA ini, karena memang kita memperhatikan bahwa ilmu komunikasi itu penting bagi proses belajar mengajar, interaksi, meningkatkan rasa percaya diri sampai mereka kuliah nantinya dan ketika bekerja,” jelasnya.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment