Hits: 33

Icha Kumala Dewi

Pijar, Medan. Masalah dan cobaan merupakan fase kehidupan yang harus dijalani setiap manusia. Saat satu masalah selesai, maka masalah lainnya akan muncul lagi. Ibarat usia akan bertambah setiap tahun, begitu juga masalah yang datang akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Seperti yang kita tahu menghadapi, menyikapi, dan menyelesaikan masalah tidaklah mudah.

Sikap yang dapat kita lakukan dalam menghadapi sebuah masalah akan ditemukan pada karya-karya menakjubkan dari grup band yang satu ini. Ya, band Soegi Beornean selalu menciptakan syair lagu yang menjunjung tinggi budaya Indonesia dengan lirik puitisnya yang bermakna. Kali ini, Soegi Beornean membuat syair lagu yang mengandung level sastra tinggi.

Karya tersebut dituangkan dalam lagu yang berjudul “Pijaraya”. Makna lagu ciptaan band indie ini meyakini tentang sebuah sikap ketenangan dalam menghadapi masalah yang datang. Silih bergantinya masalah dalam hidup akan dilewati dengan berjalannya waktu yang akan berganti dengan kebahagiaan.

Lagu dimulai dengan petikan gitar yang menggambarkan kearifan lokal, dipadukan dengan lirik yang syahdu.  Lirik dilanjutkan dengan suara vokalis yang merdu dengan pemilihan diksi kata yang kaya akan makna. Visual yang menonjolkan adat budaya Indonesia dalam sepanjang musik videonya menjadikan lagu ini sempurna.

Lagu “Pijaraya” diunggah lewat kanal YouTube Soegi Beornean pada 1 Mei 2020. Unggahan ini sudah ditonton sebanyak 2,7 juta kali dan disukai 41 ribu pengguna. Kolom komentar juga dipenuhi dengan pujian para pencinta lagu indie yang kagum akan karya Soegi Beornean.

“Sebenarnya kita punya aset ciri khas musik budaya Indonesia yang super duper edgy. Negara lain tidak punya yang seperti kita. Perpaduan kearifan dan keanggunan dieksekusi sangat baik oleh Soegi Bornean sehingga menghasilkan alunan yang menenangkan dan menentramkan,” ungkap salah satu akun pengguna YouTube bernama De_Starry.

Melaju bidukku menepi tatkala temaram

Hadir diujung relung petang

Tentram menyeduh rasa tenang

Menggembala si angin tenggara

Penggalan lirik lagu “Pijaraya” tersebut menggambarkan kecerdasan seni yang luar biasa dipadu dengan aransemen yang indah. Pemilihan diksi kata yang jarang ditemui membuat lagu ini sangat menarik bagi pendengarnya. Sajak lirik syahdu di dalam lagu mengobati rasa rindu para penggemarnya.

Lewat “Pijaraya”, Soegi Beornean semakin dikenal masyarakat karena memang punya daya tarik dan ciri khas tersendiri di setiap lagunya. Jadi buat kamu yang ingin rileks dalam menghadapi masalah, mari menikmati lagu “Pijaraya”!

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment