Hits: 57

Nathasya Sianipar  

Pijar, Medan. Webinar Manajemen Kendali Diri merupakan rangkaian terakhir dari acara perlombaan Manajemen Kendali Diri yang diadakan oleh Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan (UNIMED) pada Sabtu, 1 Oktober 2022 melalui media virtual Zoom. Webinar ini dihadirkan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya peran pengendalian diri dalam pengambilan tindakan ataupun keputusan dalam hidup seseorang.  

Webinar ini menghadirkan dua pembicara yaitu, Emilya Ginting, M.Psi., Psikolog yang merupakan CEO dan Founder dari Children and Family Therapy Center dan Dinda Permatasari Harahap, M.Psi., Psikolog yang merupakan seorang penulis sekaligus dosen psikologi Universitas Medan Area (UMA).  

Webinar
Emelya Ginting, M.Psi., psikolog, sekaligus CEO dan Founder dari Children and Family Therapy Center menyampaikan materinya pada webinar Manajemen Kendali Diri, 1 Oktober 2022.
(Sumber: dokumentasi pribadi)

Pemuda terutama dari generasi Z sangat rentan terhadap faktor-faktor eksternal yang dapat memicu stress untuk itu diperlukan pengendalian diri yang baik dalam bertindak untuk merespon keadaan tidak menyenangkan tersebut. Adapun cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengenali diri kita sendiri terlebih dahulu.  

“Untuk mengendalikan diri kita, perlu untuk mengenali diri baik dari segi persepsi diri bagaimana kita melihat diri kita sendiri, maupun dari segi tujuan diri jangka panjang maupun jangka pendek. Ketika hal ini sudah terpenuhi kita akan mampu membuat regulasi diri yang baik sehingga tercipta pengendalian diri yang baik pula.” Tutur Emelya Ginting selaku pembicara pertama. 

Usai pembahasan pengendalian diri, Dinda Permatasari Harahap melanjutkan pembahasan mengenai bagaimana menanggapi pandangan yang kurang baik dari orang lain dengan menyadari pandangan tersebut, mengkritisi pandangan tersebut, dan menantang pandangan tersebut dengan tetap menggunakan pikiran yang positif. 

“Kita tidak dapat mengontrol apa yang orang lain katakan ataupun pikirkan tentang diri kita, yang bisa kita kendalikan adalah diri kita dan pikiran kita.” Ujar Dinda Permatasari Harahap selaku pembicara kedua. 

Akhir dari rangkaian acara ditutup dengan para pembicara memberikan closing statement kepada para peserta webinar Manajemen Kendali Diri untuk mampu mengendalikan diri dari stimulus eksternal yang dapat memicu stress dan melakukan rekonstruksi pikiran terhadap persepsi dan tujuan diri agar tercipta pengendalian diri yang baik.  

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty) 

Leave a comment