Sumber Foto: Dokumentasi Panitia

Analisis Fundamental Investasi Saham Syariah bersama IAIN Malikussaleh

Shofiyana Fadhilah / Sulisintia Harahap

Pijar, Medan. Setelah beberapa waktu lalu mengadakan webinar yang bertemakan perkenalan saham, kali ini IAIN Malikussaleh Lhokseumawe mengadakan webinar ke-4 yang membahas lebih dalam lagi tentang investasi saham. Pembahasannya pun mengenai bagaimana analisa pembagian saham. Webinar yang mengusung tema “Belajar Analisis Fundamental Investasi Saham Syariah”, dilaksanakan pada Rabu (25/11) melalui platform Microsoft Team.

Webinar yang dimoderatori oleh seorang wanita bercadar bernama Nora Maulana, menghadirkan dua orang pemateri. Aulia Firdaus dari Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Aceh merupakan pemateri pertama dan Asep Muhammad Saiful Islam (Mang Amsi) yang merupakan seorang Founder Syariah Saham adalah pemateri kedua.

Webinar yang berlangsung dari pukul 14.00 – 16.00 WIB ini, dimulai dengan perkenalan singkat oleh para pemateri. Kemudian, para pemateri langsung menjelaskan topik dari webinar tersebut. Mulai dari menjelaskan bagaimana pasar modal di Indonesia, pertumbuhan saham dari beberapa sektor di masa pandemi, sampai membahas cara menanam saham dengan metode FATAMMA (Fundamental Analysis, Technical Analysis, dan Money Management). Dengan hadirnya pasar modal ini, akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh profesi.

“Bayangkan saja, dengan adanya industri pasar modal, jadi sangat banyak sekali menampung tenaga kerja. Dan jangan lupa, profesi kita sebagai trader dan juga investor ini juga merupakan suatu profesi,” ujar Aulia Firdaus.

Pembahasan pun semakin menarik seiring berjalannya acara, di mana para pematerinya mulai membahas bagaimana cara menganalisa pembagian saham dan juga cara berinvestasi. Webinar ini sendiri, bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan tentang pasar modal, serta merekrut para mahasiswa ataupun masyarakat umum untuk lebih dekat dengan pasar modal dan dapat ikut andil dalam berinvestasi guna mewujudkan ekonomi rakyat yang lebih maju lagi.

Sesi tanya jawab oleh peserta mengenai cara memulai berinvestasi saham syari'ah. Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi
Sesi tanya jawab oleh peserta mengenai cara memulai berinvestasi saham syari’ah. Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Meskipun banyak peserta yang antusias dan turut hadir dalam webinar ini, suatu kendala jelaslah tidak dapat terelakkan.

“Berhubung acaranya secara online, beberapa kendala pun terjadi terkait penggunaan media untuk webinar, dan juga para undangan yang lupa mematikan microphone. Sehingga menyebabkan proses berjalannya kegiatan tidak kondusif seperti yang diharapkan,” ujar Nora Maulana.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *