Achmad Syah Galang Ramadhan

Pijar, Medan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat muslim, maka dari itu sebaiknya kita mengisinya dengan kegiatan yang menambah pahala dan melakukan hal-hal yang positif. Bertepatan dengan hal tersebut, Lembaga Intelektual Kampus (LINK) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan kajian Islam dengan bertemakan Quantum Hijrah pada Minggu, (20/05) di Mesjid Asy-Asyifa Fakultas Farmasi USU.

Kegiatan yang terbuka untuk umum ini diisi oleh Ustad Bejo Slamet yang membawakan materi tentang hijrah menurut pandangan Islam. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang lebih dalam tentang bagaimana berhijrah yang benar dan sesuai syari’at Islam. Selain itu dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan agar mahasiswa bisa lebih memahami Islam secara luas. Terlebih karena pada saat ini banyak anggapan negatif tentang Islam.

“Permasalahan dalam hijrah ini kan bukan hijrahnya, tapi istiqomah dalam hijrah. Kebanyakan orang bisa hijrah, tapi jarang sekali untuk bisa istiqomah. Nah itu permasalahannya, maka yang diperlukan energi yang tak terbatas disitu,”  ujar Murdiansyah Putra selaku ketua panitia.

Susana diskusi pada kegiatan Quantum Hijrah Bersama Ustadz Bejo Slamet di Mesjid Asy-Asyifa, Fakultas Farmasi USU (20/5). (Fotografer: Azka Fikri)
Susana diskusi pada kegiatan Quantum Hijrah Bersama Ustadz Bejo Slamet di Mesjid Asy-Asyifa, Fakultas Farmasi USU (20/5).
(Fotografer: Azka Fikri)

Selanjutnya kegiatan berganti dengan sesi tanya jawab oleh para peserta dan di akhiri langsung dengan doa bersama. Adapun pelajaran yang dapat diambil dari acara yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai Fakultas di USU ini, kita bisa mengetahui bagaimana hijrah yang sebenarnya menurut pandangan Islam.

“Acara ini bagus terutama mengisi bulan ramadhan ini acara ini sangat bagus untuk jadi tambahan kita sebagai umat muslim kan terutama untuk menambah pengetahuan islam,” ungkap Muhammad Miftah Rizki, Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan.

Perlu diketahui bahwa LINK merupakan organisasi kemahasiswaan yang telah didirikan pada tahun 2008 lalu. Bertujuan menjadi wadah pembinaan kepada mahasiswa. Kegiatan yang edukatif dalam membina intelektual mahasiswa dan akan membantu meningkatkan potensi mahasiswa. Dipadukan dengan nilai nilai Islam, LINK bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang kaya ilmunya mulia akhlaknya.

(Redaktur Tulisan: Nadia Lumongga Nasution)

Leave a comment