Aisha Tania Sinantan Sikoko

Pijar, Medan. Tokopedia melalui Tokopedia Goes to Campus June, mengadakan sesi berbagi cerita tentang gambaran kerja di salah satu perusahaan teknologi terdepan. Acara ini berlangsung pada Kamis (03/06) yang ditayangkan langsung melalui kanal Youtube Inside Tokopedia pada pukul 19:00 WIB.

Membawakan topik “Life after Graduation: Land Your Dream Job in Leading Tech Company,” mereka menghadirkan empat narasumber dari keluarga Tokopedia. Ada Amanda Indraprista sebagai moderator, Rizki Widyastuti selaku Strategic Initiative Senior Lead, Irfan Maulana selaku Principal Engineer, Yosua Wasita selaku Product Manager Lead, dan Manggala Baskoro selaku Tech Recruiter.

Rizki berbagi cerita bahwa ia sudah kerja bersama Tokopedia selama empat tahun dan itu merupakan pengalaman yang menyenangkan. “Di Tokopedia itu seru banget sih. Jadi selama empat tahun udah banyak banget pengalaman yang bisa diambil di Tokopedia,” ujar Rizki.

Keempat narasumber menjelaskan peran masing-masing sebagai bagian dari Tokopedia. Tim platform adalah tim yang mengurus website Tokopedia, dari yang tampak oleh mata hingga yang tidak tampak. Irfan selaku Principal Engineer menambahkan bahwa dalam tim juga dibagi per produk untuk menjadi tim yang spesifik fokus mengurus product detail, home, seller dashboard, transaction, dan lain-lain. Selain itu, juga ada tim yang fokus pada core platform.

Sesi tanya jawab seluruh narasumber dengan peserta (03/06).
Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi

Yosua juga berbagi ceritanya sebagai bagian dari product manager, yaitu dasarnya membuat satu produk yang bagus untuk pelanggan. Dari segi pelanggan juga harus tau masalah apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu, serta berkolaborasi dengan tim lain untuk menghasilkan produk yang dapat menyelesaikan masalah pelanggan.

Lalu, ada Rizki yang menjelaskan tugasnya sebagai Strategic Iniatiative Senior Lead dari bidang kategori home and living dan mom and baby, yaitu membuat dan skill up projek yang berkaitan dengan bidangnya. Mulai dari membangun komunitas, membangun partnership diluar dari seller, serta membuat projek terbaru untuk mendukung peningkatan pelayanan pada kebutuhan konsumen terkini.

Ketika ditanya kepada Rizki, Irfan, dan Yosua tentang kemampuan khusus yang harus dimiliki, ketiganya pun menjawab bahwa, “kemampuan yang penting dimiliki adalah keinginan untuk belajar, bahasa inggris, dan komunikasi yang baik.”

Setelah bincang-bincang, Manggala hadir untuk berbagi tips tentang bagaimana membuat resume yang benar agar lebih dilirik oleh recruiter. “Kalau misal opportunity adalah sebuah pintu, resume itu kuncinya. Jadi we have to build the right for the right opportunity,” ucap Manggala.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terdepan, Tokopedia tidak hanya fokus pada usaha transaksi jual beli saja. Mereka juga berkontribusi dalam pengembangan future tech leader melalui program Tokopedia Academy. Harapannya kontribusi yang fokus pada bidang teknologi Tokopedia juga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Leave a comment